Tahun Ini, Diskominfo Kotamobagu Tambah 6 Unit CCTV dan Jaringan Fiber Optik

0
56
Ahmad Yani Umar

Kotamobagu – Tahun ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu kembali menambah 6 unit CCTV dan jaringan Fiber Optik dengan anggaran sekitar 2,4 Miliar.

Jaringan CCTV ini , untuk menambah kebutuhan CCTV yang sebelumnya baru terpasang di 4 titik yaitu di traffic light Kelurahan Mogolaing, depan bundaran paris, traffic light taman kota dan depan Kantor Walikota.

Kadis Kominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar mengatakan, pemasangan CCTV ini, merupakan penunjang bagi SKPD, dalam rangka analisis kepadatan lalintas, tindak kriminal, termasuk pelanggaran lalu lintas, dalam rangka penerapan Tilang elektronik (e-Tilang) kerjasama dengan SSatlantas Polres Bolmong.

“Memang kami bersama Satlantas Polres Kotamobagu beberapa waktu lalu sudah ada koordinasi dalam rangka penerapan e-tilang tersebut. Hal itu juga sudah dilaporkan langsung oleh Kasatlantas Polres Kotamobagu ke Kapolda, saat kunjungan tadi di ruangan data center kami,” ucap Yani.

Sementara itu, Kepala Bidang TIK Diskominfo Kotamobagu, Yusrin Matali mengatakan, enam unit CCTV yang akan dipasang ini lumayan canggih karena berjenis analitic 360.

“CCTV ini mampu mengidentifikasi fisik kendaraan serta mengenali pengendara lewat analisa retina,” terangnya.

Enam titik yang akan dipasang tersebut diantaranya, di Taman pintu gerbang masuk Kelurahan Mongkonai, Simpang Lima Kelurahan Molinow, simpang empat Kelurahan Matali, simpang empat Kelurahan Kotabangon, simpang tiga Kelurahan Gogagoman dan satu titik di simpang tiga SDN 1 Kota Kotamobagu.

(Ridel)