Yasti Hadiri Perayaan Tulude Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo

0
158

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (7/2/2019), menghadiri Perayaan Adat Tulude yang dilaksanakan oleh Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo.

Dalam sambutan Panitia Pelaksana oleh Penatua Rusli B. Nangkoda, S.IP, menyampaikan terima kasih kepada Bupati, karena walaupun di tengah-tengah agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu untuk menghadiri undangan Perayaan Tulude di Desa Buntalo.

“Kehadiran Bupati di desa ini, bagaikan pulang kampung, karena Desa Buntalo merupakan desa yang pernah ditinggali oleh keluarga Ibu Bupati, Bupati bahkan sering berkunjung di Desa Buntalo semasa keluarga masih berada di Desa ini. Sehingga kehadiran beliau saat ini, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat dan Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo,” terangnya.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya, menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pengurus dan anggota Jemaat GMIBM Solagratia Buntalo atas pelaksanaan perayaan Tulude hari ini.

Bupati berharap, kiranya perayaan Tulude Buntalo dapat terus dilestarikan serta diagendakan secara rutin dan turun temurun, sehingga masyarakat etnis nusa utara yang ada di Bolmong, semakin mencintai budaya dan adat istiadatnya.

“Tulude ini juga merupakan senjata untuk menangkal trend globalisasi dan modernisasi yang dapat menghilangkan jati diri daerah kita, yang mengakibatkan generasi muda semakin melupakan warisan budaya lokal, sebagai kekayaan bangsa kita sejak dahulu kala,” terangnya.

Lebih lanjut kata Bupati, sewaktu menjadi anggota DPR-RI, dirinya pernah dianugerahkan gelar sebagai Tokoh Adat Sangihe, pada saat berkunjung di Kabupaten Kepulauan Sangihe dimana gelar adat tersebut yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya ‘Penyambung Lidah Rakyat’.

“Karena itu saya mengusulkan, kiranya tahun depan nanti Festival Adat Tulude diselenggarakan secara meriah dan pesertanya berasal dari desa-desa yang beretnis Nusa Utara, sehingga nantinya Festival Adat Tulude, dapat menjadi Potensi Pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati memberikan sumbangan berupa uang senilai Rp 20 juta kepada Jemaat GMIBM Solagratis Buntalo untuk membantu menyelesaikan Pastori dan pagar gedung Gereja.

Hadir dalam acara ini diantaranya, Camat Lolak dan Kapolsek Lolak, Calon Anggota DPD-RI Nona Cherish Harriette Mokoagow, BA, MBA, Calon Anggota DPR-RI Kamran Muchtar, ST, Calon Anggota DPRD Provinsi Sulut, Mohammad Wongso, ST, serta Calon Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow juga selaku Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Bolaang Mongondow, Sukron Mamonto, SE, MM.

(Tio)