Diikuti Ratusan Relawan, WCD di Bolmong Angkut  Lima Ton Sampah

0
41

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), ikut berpartisipasi dalam kampanye World Cleanup Day (WCD) tahun 2019 yang digelar serentak Sabtu (21/9) di seluruh dunia.

Untuk Kabupaten Bolmong, WCD atau hari bersih sampah, dipusatkan pada dua volunteer yakni di Kelurahan Inobonto Kecamatan Bolaang dan Desa Lolan Kecamatan Bolaang timur.

Menariknya, aksi bersih-bersih ini, berhasil mengangkut sekitar lima ton sampah, yang dilakukan sekitar 400 relawan, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Ormas, karyawan PT. JRBM, PT. PLN, dan PT. AGRICORE.

Bahkan siswa SD dan SMP juga mendominasi keikutsertaan WCD kali ini. Pengumpulan lima ton sampah ini merupakan akumulasi dari dua lokasi yang menjadi titik konsentrasi WCD.

Volunteer di Kelurahan Inobonto seberat 3.527 kilogram, sedangkan di Desa Lolan, sebanyak 1,500 kg. Sehingga total sampah yang terangkut ke tempat pembuangan akhir seberat sekitar 5000 kg atau lima ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmong Abdul Latif, selain ikut dalam WCD tahun 2019 ini, juga mengajak semua elemen mendukung Peraturan Bupati tentang Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga tahun 2019 untuk Indonesia bebas sampah 2025.

Sekadar diketahui, data DLH Bolmong menyebutkan, dalam Perbub tentang Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga ada target pengurangan dan target penanganan. (Ind)