Rp 1,6 Miliar untuk Mobnas Tiga Pimpinan DPRD yang Baru

0
113
Ilustrasi

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Mobil dinas (mobnas) tiga pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong yang baru, segera diadakan. Sekretariat DPRD Bolmong telah dianggarkan pengadaan mobnas itu sebanyak Rp 1,6 Miliar.

Menurut Sekretaris DPRD Bolmong, Yahya Fasa, anggaran tersebut dialokasikan pada APBD 2019. Kata dia, tiga mobnas itu masing-masing berbeda type. Tapi harganya kurang lebih hampir sama, rata-rata 400-an juta.

Dia menambahkan, untuk Ketua Toyota Fortuner, wakil ketua I Honda CRV, dan wakil ketua II Toyota Altis. Ia menjelaskan, sesuai aturan kata Sekwan, kapasitas mesin kendaraan dinas ketua DPRD 2500 cc. Dan untuk wakil ketua 2000-2200 cc.

“Soal jenis kendaraan terserah kepada pengguna. Karena yang diatur itu hanya menyebutkan kapasitas mesin kendaraan (cc). Tidak menyebutkan type maupun merk. Sehingga mobnas untuk masing-masing pimpinan DPRD Bolmong beda type. Karena itu pilihan masing-masing. Tapi untuk kapasitas mesin mobnas wakil ketua itu sama,” jelasnya.

Lanjutnya, apabila penggna mobnas memilih kendaraan dengan kapasitas mesin dibawah standar yang ditentukan itu tidak masalah. Asal jangan lebih dari standar.

Dia mencontohkan, yang digunakan wakil ketua DPRD periode sebelumnya, Abdul Kadir Mangkat itu hanya 1800 cc. “Unit sementara dipesan. Tinggal menunggu pesanan itu tiba. Kemudian pimpinan DPRD definitif sudah disahkan lalu mobnas kita serahkan. Tapi dengan catatan kembalikan dulu mobil dinas yang lama. Karena wakil ketua sementara, Sukron Mamonto dari Nasdem sudah menggunakan mobnas warisan dari pimpinan DPRD sebelumnya. Begitu juga dengan Golkar. Mobnas yang dipegang Abdul Kadir Mangkat yang sebelumnya juga menjabat wakil ketua DPRD harus dikembalikan dulu baru mobnas yang baru kita serahkan. Itu dilakukan agar asset daerah tidak menjadi persoalan dibelakang hari,” tandasnya.

Di sisi lain, menurut Sekwan, yang akan diadakan saat ini tinggal mobnas dua wakil ketua DPRD. Pasalnya, untuk mobnas ketua jenis Toyota Fortuner sudah diadakan beberapa waktu lalu sebelum periode sebelumnya berakhir. Alasannya, karena memang sesuai kebutuhan.

“Yang digunakan Ketua DPRD Welty Komaling saat ini itu baru diadakan tahun ini. Tapi dipastikan tidak akan berpindah tangan karena kursi ketua DPRD Bolmong masih tetap dikuasai PDI Perjuangan. Dan sesuai SK partai, untuk Ketua DPRD periode yang baru ini masih tetap Welty Komaling,” katanya mengakhiri. (Mail)