Buka Kemah Bakti Gerakan Pramuka, Yasti: Jadikan Ini Sebagai Sarana Membangun Persatuan Anak Bangsa

0
107
Bupati Saat Membuka Kemah Bakti Gerakan Pramuka. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, membuka upacara pembukaan Kemah Bakti VI Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bolmong tahun 2019 dan apel besar dalam rangka memperingati HUT Pramuka yang ke-58 pada Selasa (29/10).

Kegiatan itu dipusatkan, di bumi perkemahan desa Mopait itu dengan mengambil tema “siap sedia membangun keutuhan NKRI”  Menurut Yasti, pendidikan kepramukaan merupakan penunjang, pendidikan bagi anak-anak di sekolah maupun pendidikan dalam keluarga.

“Hal ini tentunya sejalan dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terus kita tingkatkan,” ungkap Yasti  yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bolmong.

Yasti berpesan, kemah bakti pramuka kali ini bisa dijadikan sebagai sarana belajar, berkarya, dan membangun persatuan sebagai sesama anak bangsa. “Manfaatkanlah kegiatan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan antar sesama anggota pramuka. Tanamkan kebanggan sebagai anak Indonesia, fiatlah belajar dengan tekun, dan rajinlah beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olah raga,” katanya.

Tak hanya itu, ia juya menyampaikan secara khusus kepada Ketua gerakan pramuka kwarcab Bolmong agar terus melaksanakan revitalisasi gerakan pramuka. “Berikan dukungan dan fasilitas yang baik bagi pembentukan gugus depan berbasis sekolah maupun komunitas di seluruh pelosok daerah di Kabupaten Bolmong,” katanya.

Lanjutnya, kedepankan prinsip dan metode kepramukaan yang universal. “Perkokoh gerakan pramuka sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa,” tegasnya.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan kepada anggota gerakan pramuka yang memenuhi persyaratan untuk menerima lencana pancawarsa oleh kwartir daerah gerakan pramuka Sulut.

Mereka yang menerima lencana pancawarsa adalah Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk selaku Wakil Ketua Mabincab gerakan pramuka Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, ketua DPRD Welty Komaling selaku ketua kwarcab Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang selaku sekretaris mabincab pramuka Bolmong, menerima lencana Pancawarsa IV, Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta selaku andalan cabang menerima lencana Pancawarsa I.

Diketahui, pelaksanaan Kemah Bakti VI tahun 2019 dimulai pada 28 Oktober hingga 3 November mendatang, peserta masing-masing siswa SD, SMP, dan SMA se-Bolmong yang di mana SD/MI sebanyak 176 sekolah, SMP sebanyak 57 sekolah, dan SMA/MA sebanyak 20 sekolah.  Peserta Penggalang SD/MI dan SMP terdiri dari 4.405 peserta, lenegak terdiri dari 417 peserta, dan pembina terdiri dari 626 orang dengan total pembina dan peserta sebanyak 5.448 orang. (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.