Pencegahan Stunting Diprioritaskan Gunakan Dandes Tahun Depan

0
176

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Konvergensi pencegahan stunting menjadi salah satu prioritas dalam penggunaan dana desa (dandes) di tahun anggaran 2020 mendatang.

Diketahui, Bolmong sendiri menjadi satu dari dua daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang menjadi daerah prioritas, selain Bolmong Utara (Bolmut).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidin Mamonto mengatakan, tahapannya mulai dari pembentukan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di setiap desa untuk memastikan adanya program yang mendukung konvergensi pencegahan stunting dalam APB Desa 2020.

“Iya, selain itu di desa juga dibentuk Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai tempat untuk membicarakan berbagai upaya pencegahan stunting,” ungkapnya.

Menurutnya, tugas utama KPM adalah melakukan pemetaaan sosial terkait dengan potensi dan adanya stunting di desa masing-masing. “Lebih lanjut dilakukan rembuk stunting berdasarkan hasil pemetaaan sosial oleh KPM,” jelas Isnaidin.

Dia menambahkan, hasil rembuk ini kemudian dibawa dalam forum pra musyawarah desa (pramusdes) selanjutnya di Musdes dan memastikan program ini diakomodir dalam RKP Desa 2020 dan APBDesa 2020.

Sasaran prioritas konvergensi pencegahan stunting di desa melalui APB Desa yakni ibu hamil dan anak usia 0 sampai 23 bulan atau rumah tanggal 1000 HPK (hari pertama kehidupan) sebagai masa yang paling kritis dalam masa tumbuh kembang anak. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.