Survei LSI ; ODSK Menang Telak di 6 Kantong Pemilih

0
512

SULUT,DETOTABUAN.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulut pada Pilkada serentak tahun 2020, bertempat di Hotel Aston, Minggu (13/09/2020).

Ikrama, Analis Survey KCI-LSI mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pada minggu kedua bulan Agustus 2020, menempatkan elektabilitas Pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw (ODSK) masih unggul jauh dibanding dua penantangnya yakni pasangan Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) dan Vonny Anneke Panambunan – Hendry Runtuwene (VAP-HR).

“Elektabilitas Olly – Steven berada pada angka 68,1 persen. Sementara CEP – Sehan hanya berada di angka 16.9 persen dan VAP – Hendry 7,2 persen,” terangnya.

Keunggulan Pasangan Olly – Steven, terletak pada 6 kantong pemilih penting seperti pemilih emak-emak, pemilih protestan, pemilih muslim, pemilih milenial, dan pemilih terpelajar serta 3 etnis besar di Sulut yakni Minahasa, Sangihe dan Bolaang Mongondow.

“Artinya jika dibuatkan skor dari 6 kantong tersebut, Olly – Steven menang 6-0 dari dua kompetitornya,” terangnya.

Keperkasaan Olly – Steven ini kata dia, tak lepas dari tingkat popularitas/pengenalan dan juga tingkat kesukaan yang tinggi, serta approval rating atau tingkat kepuasan terhadap pemerintahan ODSK di periode pertama.

“Pada aspek personaliti, Olly dipersepsikan sebagai pribadi yang pintar, berwibawa, mampu mengambil keputusan menyenangkan,” sebut Ikrama.

Dengan Kondisi ini lanjut dia, maka penantang harus lebih bekerja keras, dengan konsep pendekatan yang lebih kreatif dan membuat lompatan lompatan besar jika ingin memenangkan Pilkada.

Diketahui, Survey KCI – LSI Network ini, dilakukan pada tanggal 22- 29 Agustus 2020, dengan menggunakan 800 responden dengan Margin of error sebesar 3.5%.

Survei dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Selain survei, KCI – LSI Network juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini juga dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

(*/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.