Politisi PDIP Ini Minta Kesejahteraan PLD Masuk Dalam Program Prioritas Kemendes Tahun 2021

0
60

DETOTABUAN.COM – Anggota DPR RI H. Herson Mayulu, SIP mengikuti Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI dengan Menteri Desa PDTT yang dilaksanakan secara Virtual (meeting zoom), Senin (18/01/2021) tadi.

Raker tersebut, berkaitan dengan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kementerian Desa PDTT tahun 2020, serta membahas Program Kerja tahun 2021 dari Kementerian tersebut.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Komisi V DPR RI PDIP, H. Herson Mayulu, SIP memberikan masukan terkait perlunya evaluasi kinerja Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dari tingkat atas sampai bawah.

Selain itu kata dia, perlunya penguatan dari Kementerian Desa berkaitan dengan Tupoksi TPP sehingga benar benar profesional dalam melakukan pendampingan sejak saat proses perencanaan sampai pada kegiatan pembangunan di tingkat desa.

“Hal ini harus benar-benar menjadi perhatian, sehingga sinergitas antara TTP dan pemerintah daerah akan tercipta dan harmonis,” ucapnya.

Di sisi lain mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan dua periode ini, juga menyinggung soal kesejahteraan TPP agar masuk dalam prioritas Kementerian Desa PDTT.

“Masih ada TPP di tingkat paling bawah (PLD) yang kesejahteraannya masih terlalu rendah bahkan masih di bawah UMP,” sebutnya.

Dalam rapat tersebut Herson juga menitik beratkan pada peningkatan serta pemulihan ekonomi nasional yang harus di mulai dari desa.

Selain mendukung program BLT desa, dirinya juga berharap kementerian Desa PDTT untuk lebih mendorong desa dengan regulasi yang ada untuk memanfaatkan dana desa sebaik baiknya.

“Titik beratkan pada kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi saat ini, sehingga masyarakat yang terdampak Covid 19 benar benar merasakan manfaat dari dana desa,” tambah Mayulu. (**/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.