Berkat Dukungan H2M, Bombanon Dalam Persiapan Menuju Desa Wisata

0
86

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Tim Rumah Aspirasi H2M yang di Pimpin langsung oleh Tenaga Ahli Anggota DPR RI H. Herson Mayulu, SIP Bung Widdy Mokoginta, S.Sos mengikuti rapat Musdes bersama dengan pemerintah, BPD dan masyarakat Desa Bombanon, Sabtu (6/03/2021) kemarin.

Musdes dalam rangka membicarakan persiapan desa menjadi Desa Wisata ini, juga turut dihadiri oleh Koordinator Kabupaten (Korkab) P3MD Bolaang Mongondow.

Dalam rapat bersama ini, Widdy Mokoginta selaku TA anggota DPR RI, menjelaskan secara rinci dan detail soal program aspirasi Anggota DPR RI Komisi V, H. Herson Mayulu, SIP kepada peserta rapat.

Menurut Widdy, dalam tahun ini desa yang di kepalai oleh kepala desa cantik Gita Ratnasari Tuuk itu, akan kecipratan beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur, lewat program Aspirasi dari anggota DPR RI Komisi V, H. Herson Mayulu, SIP.

“Program aspirasi tersebut berupa kegiatan program P3TGAI, PISEW, BSPS (bantuan stimulan perumahan swadaya ) 10 Unit dan terakhir bantuan pembangunan destinasi desa wisata dari Kementerian Desa PDTT RI,” ujarnya.

Ini semua lanjut Widdy, adalah bantuan program Aspirasi dari Pak Herson, dimana tentunya sesuai aspirasi yang di usulkan sebelumnya dari masyarakat desa Bombanon.

Mantan anggota DPRD Bolmong ini juga menjelaskan, terkait teknis apa saja yang harus di persiapkan oleh desa, dalam mempersiapkan Bombanon sebagai patron desa wisata.

Termasuk, bagaimana desa untuk tahun ini harus mengalokasikan dana desanya lewat APBDes, dalam rangka untuk pembiayaan start awal pembagunan destinasi wisata yang ada, sehingga aspek aspek teknis yang di minta oleh kementerian Sebagai syarat kucuran bantuan benar benar akan terpenuhi .

“Saya minta dan ini sebagai bahan masukan untuk desa bahwa dalam waktu dekat, sebaiknya aspek aspek teknisnya di tindak lanjuti, sebagai prasyarat utama agar bantuan dari kementerian benar benar terealisasi. yang salah satunya adalah desa harus minimal menyiapkan masterplan nya terkait pengelolaan dan pembangunan destinasi wisata desa ini seperti apa, ini penting sehingga benar benar bantuan ini tepat sasaran,” tambahnya.

Koordinator Kabupaten Tenaga Ahli P3MD Christian A.W Mokalu, SE menambahkan, terkait aspek teknis lainnya berupa perencanaan pembangunan desa yang benar benar harus tercermin dalam RKP maupun APBDes.

Pun demikian untuk percepatan pencairan dana desa. Dia merinci aspek teknis dan administrasi yang harus segera di lengkapi dan dipenuhi, sehingga dana desa tahap 1 bisa segera cair.

“Dalam rangka mempersiapkan pembangunan destinasi wisata ini, minimal ada alokasi anggaran dalam APBDes terkait pembangunan awalnya,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap desa bombanon yang lewat lobby kepala desanya, mampu membawa banyak pembangunan.

Sementara itu, kepala desa Bombanon Gita R. Tuuk Gita Uno-Tuuk yang juga bertindak sebagai moderator, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota DPR RI H.Herson Mayulu, SIP atas bantuan program aspirasi selama ini dan juga menyampaikan terimakasih kepada tim TA P3MD Bolmong .

Terpantau oleh awak media selain masyarakat dan BPD, turut hadir juga Sekdes dan Pendamping. (**/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.