Serap Aspirasi, Aleg PPP Hariyanti Kiay Mastari Reses di Dapil VI

0
45

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Anggota DPRD Bolmong dari Dapil VI, Harianti Kiay Mastari (HKM) menggelar reses masa sidang Pertama tahun 2021 di Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Barat, Sabtu (20/03/2021) tadi.

Reses tersebut turut dihadiri, Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, S.AP, M.AP, ASN Sekretariat DPRD, para Sangadi, Ketua Karang Taruna, Perwakilan tokoh adat, tokoh agama dan para tokoh masyarakat dari Kecamatan Dumoga Barat.

Politisi PPP itu mengatakan, kegiatan reses yang dilakukan anggota DPRD pada masa sidang pertama tahun 2021, bertujuan menyerap aspirasi masyarakat, untuk dituangkan kedalam pokok pokok pikiran (e-Pokir) anggota DPRD.

“Reses ini sangat penting untuk menampung aspirasi kemudian dituangkan dalam pokok-pokok pikiran (e-Pokir), sebagai bentuk pertanggungjawaban anggota DPRD kepada konstituen,” ujarnya.

Menurutnya, sejak dilantik sebagai anggota DPRD 2019 lalu, sudah banyak aspirasi yang telah ia perjuangkan, seperti keluhan perekaman e KTP, bantuan kelompok, kelangkaan pupuk yang telah menjadi momok bagi para petani.

“Beberapa waktu lalu, kami telah memanggil dan melakukan RDP dengan Dinas Capil, hasilnya kami merekomendasikan Capil untuk jemput bola dengan melakukan perekaman di tiap kecamatan. Begitupun dengan kelangkaan pupuk dan bantuan kelompok Tani itu sudah kami koordinasikan dengan Dinas terkait,” sebutnya.

Selain itu, berkat perjuangan secara kolektif di kelembagaan DPRD, dirinya berhasil membawa proyek pengaspalan jalan di Desa Ikhwan tepatnya di lorong Inpres hingga dusun V.

“Itu semua kami lakukan sebagai wujud tugas dan tanggung jawab kami selaku perpanjangan tangan rakyat di lembaga DPRD,” ujarnya.

Camat Dumoga Barat Malpin Dako, S.AP, M.AP mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada anggota DPRD yang tetap komitmen dan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Memang tidak mudah memperjuangkan usulan usulan ini, apalagi saat ini ada refokusing anggaran akibat Covid 19, namun kita beruntung memiliki anggota DPRD sebagai representasi rakyat di Lembaga DPRD,” ucapnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Ikhwan, Arifin Buchari, SE, menurutnya reses anggota DPRD sangat penting, dalam rangka memperkuat usulan musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya.

Ia mencontohkan, ada beberapa usulan dari Desa seperti pembangunan jembatan Dusun III, rekonstruksi tebing penahan banjir, RTLH, pembangunan sanitasi dan paving blok di Dusun 3 dan 9 yang semua itu harus diperkuat secara politik.

Pantauan awak media, reses dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta pembatasan peserta yang hadir.

(Tio)