Astaga !! THL RSUD KK Yang Dipecat Digantikan Kolega Pejabat ?

0
218

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN-Isu tentang tenaga harian lepas (THL) yang dipecat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu akhir-akhir ini terus bwrhembus ke permukaan. Belum selesai masalah gaji, kini beredar isu jika puluhan THL yang dipecat malahan digantikan oleh kolega dan kerabat dekat dari pejabat yang ada dilingkup Dinas Kesehatan dan RSUD.

Hal ini terungkap dari pengakuan salah satu THL yang merasa dirinya telah mendapat perlakuan tidak adil dari pihak manajemen RSUD.

“THL yang ada sebelumya sudah bekerja kurang lebih 3 tahun, tiba-tiba bertepatan dengan penandatanganan daftar gaji, nama kita tidak adalagi,” sesal salah seorang THL yang namanya ikut hilang dari daftar gaji.

Dirinya juga menuturkan, jika ada nama-nama baru yang terdata masuk baru 3 bulanan, sudah masuk dalam daftar gaji.

“malahan, yang baru masuk januari 2021 sudah menerima rapel tiga bulan dan menggantikan puluhan THL yang sudah mengabdi selama 3 tahunan,” jelasnya

Lebih lanjut lagi, dirinya mengatakan jika nama-nama yang masuk dalam daftar THL diduga adalah kolega dan kerabat dari pejabat.

“yang dipertahankan,adalah mereka yang punya hubungan dekat dan kerabat dari pejabat,” ungkap dirinya pada media ini

Kepala bagian umum RSUD Kotamobagu Hendri Kolopita mengakui jika memang ada pergantian THL beberapa waktu lalu, namun bukan diukur dari lama tidak lamanya mengabdi. Namun dinilai oleh kepala ruangan masing-masing.

“berdasarkan hasil evaluasi dan itu didelegasikan ke kepala ruangan. Masalah absensi, kinerja adalah hasil rekomendasi dari kepala ruangan,” jelas Hendri

Hendri juga mengatakan jika penilaian kepala ruangan juga menyangkut etika dan pelayanan terhadap pasien.

“nama-nama adalah hasil rekomendasi dari kepala ruangan. Mana yang rajin, malas, telambat dan atitut terhadap pasien intinya semuanya dinilai,” jelasnya.

Disisi lain, imbas dari pemecatan puluhan THL, DPRD kotamobagu melalui rapat dengar pendapat (RDP) merekomendasikan agar tidak ada pemecatan THL di RSUD. Saat ini ada 345 THL aktif di RSUD Kotamobagu setelah dilakukan pengurangan beberapa saat lalu.