Pengurus MUI Kabupaten Bolmong Resmi Dikukuhkan 

0
199
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, saat sambutan pada pengukuhan MUI Bolmong. (Foto: Hariyono Tungkagi)

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masa khidmat 2022 – 2027 resmi dikukuhkan Oleh ketua umum MUI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Selasa, (10/5/2022). Pengukuhan tersebut dilaksanakan dikantor Bupati Bolmong di Lolak. Ini dihadiri oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Ketua MUI Provinsi Sulut dan jajarannya, pimpinan Organisasi perangkat daerah Pemkab Bolmong dan para pengurus MUI Bolmong yang dikukuhkan.

Bahkan Ormas Islam NU, Muhammadiyah, dan Syarikat Islam.

Surat keputusan dewan pimpinan MUI provinsi Sulut tentang pengukuhan dewan pimpinan MUI kabupaten Bolmong masa khidmat 2022 – 2027. Nomor: Kep-26/MUI-Sulut/IV/2022.

Ketua Umum MUI Bolmong H Sulaiman Amba S.Ag menyampaikan ucapan terima kasih pertama kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, sejak periode pertama telah memberikan support pada MUI dan masuk diperiode kedua ini juga begitu.

“Bahkan untuk bahan bakar minyak (BBM) kendaraan MUI, Bupati turut membantu sehingga kendaraan bisa jalan. Alhamdulillah Wasyukurillah kita patut bersyukur pada Allah SWT,” kata Amba.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus MUI Provinsi Sulut terutama kepada KH Abdul Wahab Abdul Gafur, Lc yang telah banyak memberikan pembinaan pada periode pertama.

Ada beberapa pengurus MUI Provinsi Sulut yang telah memberikan dorongan spritual hingga membuat dirinya kembali menerima amanah sebagai ketua umum MUI di Bolmong. Diantaranya Sekretaris Umum MUI Provinsi Dr H Nasruddin Yusuf S.Ag M.Ag, Ketua MUI Prof Dr Hj Rukmina Gonibala, MSi dan Sekertaris Muhamad Taher Tanggung S,HI.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow bersama pengurus MUI Bolmong dan Provinsi Sulut.

Ia pun menitipkan kepada Ketua Umum MUI Provinsi Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur Lc, untuk menyampaikan usulan dari pengurus MUI Bolmong pada periode pertama untuk kiranya sekali – kali dibawah ke wisata religi seperti di Palestina.

“Masjidil haram yang disebutkan dalam Al-Qur’an kami sudah tiga kali ke situ tapi Masjid Al Aqsha yang juga disebutkan dalam Al-Qur’an. Kami bermohon kepada Allah jangan matikan sebelum kami menginjakkan kaki di masjid itu. Namun jika sudah menginjakkan di masjid mohon panjangkan umur kami,” pintah Amba, sambil tertawa.

Pada kesempatan itu, Amba menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, yang telah memberikan perhatian ke MUI Bolmong. Pada kegiatan Safari Ramadhan pun MUI Bolmong dilibatkan.

“Kami berdoa pada kesempatan ini, mudah – mudahan Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh Perangkat daerah Pemkab Bolmong, akan terus diberikan kesehatan lahir dan batin, kekuatan jasmani dan rohani dan selalu dihati kita semua. Amiin,” ungkapnya.

Ketua umum MUI Provinsi Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur Lc, dalam sambutannya mengatakan hari ini pengurus MUI Bolmong sudah resmi dilantik masa khidmat 2022 – 2027. Kyai berharap kepada pengurus MUI Bolmong untuk menjalin silaturahmi atau berkomunikasi  baik dengan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dan seluruh Perangkat daerah Pemkab Bolmong.Karena komunikasi dan silaturahmi itu penting.

“Saya Juga sudah jalan pada MUI kabupaten dan kota di Sulut tahun 2020 sampai 2021, untuk bersilaturahmi berjumpa dalam memberikan arahan – arahan. Untuk MUI Bolmong paling aktif selalu melaporkan setiap ada kegiatan karena ini yang kita harapkan,” salut Kyai, dihadapan Bupati.

Kyai berharap, pengurus MUI Bolmong, untuk dapat menjalankan visi dan misi terutama menjaga umat serta menjaga komunikasi atau Silaturahmi bersama mitra Pemkab Bolmong. Sebab MUI ini dibentuk oleh pemerintah dizaman mantan presiden kedua Soeharto.

“Jadi Ulama dan Umara itu harus sejalan. Jika hanya Umara maka siapa lagi yang akan memberikan nasihat dan gimana nanti jalannya pemerintahan,” ujar Kyai.

Untuk itu, bila dua komponen ini Ulama dan Umara baik maka baik pula negeri dan apabila rusak maka rusak pula ini negara. Sehingga itu, Ulama dan Umara harus bergandengan tangan.

Pengurus MUI Bolmong

Pada kesempatan itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada jajaran pengurus MUI Bolmong masa khidmat 2022 – 2027 yang baru saja dikukuhkan. Semoga pada momen pengukuhan pada hari ini merupakan tonggak awal bagi pengurus MUI Bolmong mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan umat Sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi umat Islam dan manfaat masyarakat dikabupaten Bolmong.

“Insya Allah, saya berkeinginan untuk membangun islamik center. Dan saya sudah meminta agar lahan yang cukup besar milik Pemkab Bolmong untuk bersama – sama mengelola,” katanya.

Bahkan akan mendirikan pesantren yang moderen yang cocok untuk kondisi Bolmong.

“Lahanya ada dijalan trans Sulawesi yakni di desa Inuai, disitu akan dibangun pesantren modern. Saya sudah kunjungi beberapa pesantren seperti pesantren Gontor di Jawa timur. Kita akan lihat mana pesantren yang cocok untuk di Bolmong,” ungkap Bupati.

Bupati juga berkeinginan membangun masjid yang besar atau megah sebagai icon yang ada di Bolmong raya.

“Jika Allah panggil saya. Insya Allah nazar saya dipenuhi dulu agar supaya di Bolmong ini ada masjid yang megah sebagai icon di Bolmong sebab Bolmong adalah mayoritas muslim di Sulawesi Utara,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengatakan ulama adalah mitra kerja pemerintah sebagai umara di Bolmong. Ia mengungkapkan berkewajiban untuk memperhatikan para ulama.

“Makanya disetiap hari – hari besar agama Islam saya berada ditengah – tengah para ulama. Saya dan ketua MUI Bolmong selalu mengundang para Imam dan pegawai syar’i,” tandasnya. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.