Tahun 2021 Penanganan Kasus Stunting di Bolmong Lebih Diprioritaskan

0
61

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencan (DPP-KB) akan lebih memprioritaskan penanganan kasus Stunting tahun 2021 mendatang.

Seperti diketahui, stunting adalah kondisi kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Stunting juga menimbulkan banyak dampak buruk bagi anak.

Menurut Kepala DPP-KB Bolmong I Ketut Kolak, pihaknya getol melakukan sosialisasi guna membangun kesadaran masyarakat dalam penanganan stunting.

“Karena stunting adalah kegiatan non-fisik, maka program kunci kita untuk penanganannya di tahun 2021 nanti, yakni sosialisasi guna menyadarkan pola pikir masyarakat, untuk kembali ke pola hidup sehat,” tuturnya, Jumat (11/12/2020).

Faktor penyebab stunting kata dia, berasal dari perencanaan keluarga yang kurang matang. Maka sejak awal dalam membangun keluarga perlu perencanaan yang matang.

“Diluar dari faktor lingkungan dan ekonomi, akar dari kasus stunting adalah perencanaan keluarga yang kurang matang. Menikah, melahirkan dan jumlah anak semua harus direncanakan. Agar dapat menyesuaikan dengan ekonomi dan juga lingkungan. Sehingga stunting dapat dicegah sejak awal,” ujarnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.