Capai 2.99, Penyelenggaraan Statistik Sektoral Pemkot Kotamobagu Tahun 2024 Melebihi Target IPS

oleh -2172 Dilihat
oleh

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Berdasarkan hasil pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh Badan Pusat Statistik terhadap kinerja penyelenggaraan dan pembangunan statistik sektoral di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu, Nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tahun 2024 naik menjadi 2,99.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian hasil evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral Pemkot Kotamobagu tahun 2024.

“Alhamdulillah, kami bersyukur karena nilai Indeks Pembangunan Statistik Kota Kotamobagu tahun 2024 ini naik menjadi 2,99. Capaian ini lebih baik dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 1,6, dan melebih target IPS Pemkot tahun 2024 sebesar 1,8,” ungkap Fahri, usai berlangsungnya acara.

Kegiatan penerimaan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral dilaksanakan pada kegiatan Hari Statistik Nasional dan Penganugerahan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2024, di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis 26 September 2024.

Terkait Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, kata Fahri merupakan sarana untuk mengukur capaian penyelenggaraan statistik pada instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Tahapan evaluasi pun cukup kompleks karena BPS melalui Tim Penilai Badan dan Tim Penjamin Kualitas akan menilai hasil evaluasi Tim Penilai Internal pemerintah daerah yang dibentuk untuk melakukan penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan statistik sektoral pemerintah daerah.

“Tahun 2024 produsen data yang dinilai adalah BPKD dan DP3A Kota Kotamobagu, termasuk peran Dinas Kominfo sebagai wali data dan Bappelitbangda sebagai koordinator satu data Pemkot Kotamobagu. Baik BPKD, DP3A, Kominfo dan Bappeltibangda pada sesi wawancara dan klarifikasi bisa memberikan argumen dan penjelasan yang memadai dan bisa dipertanggungjawabkan, termasuk berbagai data dukung yang disampaikan. Dan pada tahun 2024 ini, hasil dari EPSS berupa indeks Pembangunan Statistik digunakan sebagai salah satu indikator Kemenpan RB dalam melakukan evaluasi Reformasi Birokrasi.,” terang Fahri.

Diketahui, kegiatan Hari Statistik Nasional dan Penganugerahan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral tahun 2024 dibuka langsung Plt, Kepala BPS RI Amalia Adininggar Widyasanti, dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Muhammad Amir Uskara, Deputi RB dan Akuntabilitas Kemenpan RB Erwan Agus Purwanto, para Pejabat di lingkup BPS RI, para Kepala BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, serta para Kepala Dinas Kominfo dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik kategori baik se-Indonesia.

(Alfrieda Serang)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.