DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kota Kotamobagu Ke-16

0
87

Detotabuan.com,KOTAMOBAGU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu, menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu yang ke-16.

Acara digelar di ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Kotamobagu dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Meiddy Makalalag, ST, Selasa (23/05/23).

Turut hadir mewakili Gubernur Sulawesi Utara Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Abdullah Mokoginta, SH, M.Si, Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Kurniawan, SH, Forkopimda Kotamobagu, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Bupati/Walikota se Provinsi Sulut, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Sekretaris Dewan, Pejabat Tinggi Pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah Kotamobagu bersama tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Meiddy menyampaikan bahwa tantangan terhadap popularitas dan persaingan antar kota sudah semakin kompleks tidak sekedar jejak historis tapi kejelian sebuah kota dalam melahirkan keunggulan atau keunikan yang dapat menjadi daya tarik dari sebuah kota, hal ini menjadi tugas pemerintah daerah, pemangku amanah dan seluruh komponen masyarakat.

 

“Kita harus bekerjasama dan bergotong royong agar berbagai tantangan yang sedang dan akan kita hadapi dapat diselesaikan dan tentunya berdampak positif bagi perkembangan daerah yang sama- sama kita cintai,” tutur Meiddy.

“Hanya dengan kerjasama cita- cita daerah dapat dicapai, dan sejarah telah membuktikan bahwa kemajuan yang kita raih bukan merupakan hasil kerja individu melainkan kerjasama dan kerja keras seluruh komponen masyarakat yang ada di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Lanjut Meiddy, capaian yang diraih selama kurun waktu sejak Kotamobagu terbentuk sampai dengan saat sekarang, cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi Kota Kotamobagu.

 

Ini menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan untuk menjadi lebih unggul, lebih baik dan lebih menarik.

Ketua DPRD juga mengajak untuk terus membangun Kota Kotamobagu dengan cara meningkatkan kecerdasan, kreatifitas dan budi pekerti yang baik sehingga pertumbuhan fisik, sosial, budaya, ekonomi, politik bahkan lingkungan akan berjalan secara paralel sesuai dengan yang diharapkan.

“Memaknai HUT Kota Kotamobagu bukan sebatas seremonial semata, namun bagaimana sekarang dan seterusnya kita mewarisi dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa sesuai tugas dan kedudukan kita,” jelas Meiddy.

Di hari jadi Kota Kotamobagu ke-16 tema yang diusung, “Tingkatkan Kinerja Kota Jasa dan Perdagangan dengan menjaga budaya lokal”. Tema ini dipilih dalam rangka menghadapi berbagai permasalahan masa kini dan masa datang, problematika yang akan dihadapi juga makin kompleks baik dalam skala regional, nasional maupun global.

Hal tersebut memerlukan solusi yang tepat, terencana dan terarah dengan menjadikan nilai- nilai kebangsaan sebagai pemandu arah menuju hari esok Kota Kotamobagu yang lebih baik.

Diketahui, perayaan HUT Kota Kotamobagu ke -16 ini merupakan perayaan yang kesepuluh kalinya dan menjadi yang terakhir di era kepemimpinan Walikota Ir. Tatong Bara sebagai Walikota Kotamobagu Periode 2013 – 2023.

“Masyarakat Kota Kotamobagu memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara, karena dalam kurun waktu sepuluh tahun beliau berhasil menjadikan Kotamobagu berkembang pesat. Hal ini terukur dari peningkatan infrastuktur, pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta berbagai torehan prestasi selama menjabat,” kata Meiddy lagi.

Dikesempatan Rapat Paripurna Istimewa, politisi PDI Perjuangan ini juga menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey atas gelar profesor yang diterima dari Wuhu Institute of Technology China dan juga penghargaan Harmony award sebagai tokoh pluralis dan moderasi beragama.

(Adve/Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.