DPRD Kotamobagu Gelar Rapat Paripurna Tingkat I Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2022

0
40

Detotabuan.com,KOTAMOBAGU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu menggelar Rapat Paripurna Tingkat I Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kotamobagu Tahun Anggaran 2022.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Syarifudin Mokodongan, SH bertempat diruang Paripurna DPRD Kotamobagu, Senin (8/5/2023).

 

Dikesempatan ini, Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara menyampaikan  secara umum APBD Kotamobagu tahun 2022 di susun berdasarkan kebijakan serta prioritas belanja daerah Kotamobagu yang di arahkan untuk mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah Kotamobagu serta lebih menajamkan pada target serta indikator tepat sasaran, serta memprioritaskan pembangunan pemerintah provinsi sulut maupun prioritas pembangunan yang di laksanakan oleh pemerintah pusat.

“Pada rapat  ini, dapat juga kami sampaikan gambaran umum tentang sumber pendapatan dan belanja daerah pada tahun 2022 yakni sebagai berikut:

 

Pendapatan daerah setelah perubahan APBD tahun anggaran 2022 di targetkan menjadi Rp.623.906.861 Miliar dan hingga akhir anggaran tahun 2022 dapat di realisasikan sebesar Rp640.823.861.904 Miliar atau sebesar 102, 71 persen;

Belanja daerah setelah perubahan APBD tahun anggaran 2022 di anggarkan sebesar Rp.670.401.85,746 Miliar dan hingga tahun anggaran 2022 dapat di realisasikan sebesar Rp644.160.323.87,94 atau sebesar 96,09 persen,” jelas Tatong.

“Alhamdulillah berkat dukungan penuh seluruh elemen masyarakat di daerah ini, sepanjang tahun 2022 yang lalu kita semua dapat meraih kemajuan, pencapaian, prestasi dan penghargaan di berbagai bidang baik di tingkat provinsi sulut maupun di tingkat nasional,” tutur Walikota.

Berbagai prestasi serta penghargaan berhasil diraih sepanjang tahun 2022, antara lain adalah Peringkat BKN Awards tahun 2022 untuk kategori perencanaan kebutuhan, pelayanan, pengadaan kepangkatan dan pensiun, penghargaan kota layak anak kategori Mindia, juara 1 sensasional awards tahun 2022, penghargaan perencanaan pembangunan daerah tingkat provinsi Sulut tahun 2022.

Adapun penghargaan realisasi tertinggi APBD 2021 dari kementerian dalam negeri RI, penghargaan kategori cakupan skrini 4A tertinggi di sulut oleh Puskesmas Mocil, penghargaan kota peduli hak asasi manusia dari Kemenkumhan RI, serta masih banyak lagi prestasi dan keberhasilan yang berhasil di capai Pemkot dan masyarakat Kotamobagu.

“Sepanjang tahun 2021, baik di tingkat nasional maupun tingkat Sulut yang tidak dapat di sebutkan satu persatu pada kesempatan ini kami juga menyadari sepenuhnya selain berbagai prestasi yang telah di raih namun tentunya belum semua harapan dan keinginan masyarakat Kotamobagu dapat kami penuhi,” ujarnya.

“Oleh karena itu maka rekomendasi yang nanti akan di sampaikan pihak DPRD kotamobagu tentunya akan menjadi acuan pemkot untuk terus melakukan perbaikan demi suksesnya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta kemasyarakatan di daerah tercinta ini.

“Kami juga sangat menyadari sepenuhnya walaupun telah di usahakan dengan sebaik mungkin namun tentunya masih terdapat ketidak sempurnaan, demikian juga apabila terdapat keberhasilan yang telah di raih itu tentunya bukan karena kemampuan saya pribadi akan tetapi hasil kerja keras dari semua pihak termasuk pimpinan dan seluruh anggota DPRD kotamobagu, yang selama ini terus memberikan dukungan penuh bagi suksesnya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap Walikota.

Rapat Paripurna juga dihadiri ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag, ST serta anggota, jajaran Forkopimda, para kepala OPD, dan Sangadi serta Lurah se Kotamobagu.

(Adve/Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.