Bawaslu Bolmong Buka Pendaftaran Panwascam, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Dipenuhi

0
41

Detotabuan.com,BOLMONG – Usai menetapkan hasil evaluasi kinerja Panwascam Existing, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolmong resmi membuka kesempatan kepada putra putri terbaik Bolmong untuk mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pendaftaran Panwascam dibuka mulai tanggal 5 Mei hingga 7 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE mengatakan, sesuai hasil evaluasi dan penilaian atasan langsung yang di lakukan pada Sabtu, 29 April 2024, pendaftaran hanya dibuka di 13 Kecamatan.

“Alasan kenapa hanya 13 Kecamatan, karena berdasarkan pengumuman peserta eksisting nomor: 03/KP.00/POKJA/05/2024, 2 kecamatan yakni Bolaang Timur dan Lolayan, ketiga peserta calon masih memenuhi syarat sebagai anggota Panwaslu Kecamatan,” ujarnya.

Proses rekrutmen calon anggota Panwaslu Kecamatan jalur pendaftar baru dimulai dengan pengumuman dan pendaftaran pada 3-4 Mei 2024. Kemudian, verifikasi dan penelitian berkas administrasi peserta pada 5-7 Mei.

Hasil verifikasi dan penelitian berkas administrasi peserta bakal diumumkan pada 12 Mei 2024.

“Dalam proses rekrutmen anggota panwascam jalur peserta baru melibatkan masyarakat. Mereka bisa memberikan masukan dan tanggapan soal rekrutmen calon anggota Panwaslu Kecamatan. Sembari di masa sosialisasi dan pengumuman ini, Bawaslu Bolmong tetap buka tanggapan masyarakat sampai pada saat sebelum pelantikan nanti,” katanya.

Dirinya mengingatkan kepada pendaftar baru apabila ingin menjadi bagian dari pengawas pemilu, standar yang harus dimiliki adalah integritas dan tanggungjawab yang kuat.

“Akuntabel penyelenggara itu hal prioritas, sebab mengemban tugas pengawasan itu bagian dari tanggung jawab negara”, tuturnya.

Selaku penanggungjawab kelompok kerja (Pokja) Radikal menyampaikan bahwa mulai hari ini terhitung tanggal 3-4 Mei 2024 adalah jadwal sosialiasi penerimaan Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada serentak tahun 2024.

“Para  jalur pendaftar baru bisa mengirimkan berkas administrasi ke kantor Bawaslu Bolmong. Bawaslu Bolmong tidak membatasi jumlah pendaftar rekrutmen calon anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada Bolmong,” tutupnya.

Penting untuk diketahui bagi pendaftar baru pada saat mendaftar adalah:

1. Dokumen dalam 3 rangkap, masing-masing di isi dalam map diamond berwarna orange, selanjutnya di masukan kedalam amplop berwarna coklat.

2. Diatas amplop wajib tuliskan Nama, Alamat, dan Nomor HP pendaftar baru.

3. Jabatan yang di lamar (Sebutkan Panwaslu Kecamatan Mana Yang Hendak Dilamar Oleh pendaftar baru).

4. Alamat Tujuan Dokumen Persyaratan yang di sampaikan langsung kepada “Kelompok Kerja Pembentukan Panwas Kecamatan Kabupaten Bolaang Mongondow, Jln. Trans Sulawesi, Desa Lalow, Kecamatan Lolak, Kode Pos 95741”.

Berikut Pengumumannya.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.