Bupati Lantik 2 Sangadi di Dumoga Tengah

0
374

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Adrianus Nixon Watung, SH  Senin (23/01) Kemarin, melantik sekaligus mengambil sumpah dua Penjabat Sangadi (Kepala Desa.red), masing-masing Sangadi Kosio Timur dan Sangadi Kinomaligan. Yang dilaksanakan di Halaman Kantor  Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolmong.
Pelantikan ini dilaksanakan sebagaimana peraturan menteri dalam Negeri Nomor 82 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa yang ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Bolaang Mongondow dengan nomor Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Penjabat  Sangadi Kosio Timur Burhan Makalalag dan SK Nomor 29 Tentang pengangkatan Sangadi Kinomaligan  Sudjito Damodalag.
“Sehingga untuk mengisi kekosongan kepala pemerintahan di desa kinomaligan dan Kosio Timur, harus dilaksanakan penggantian sangadi  dengan mengangkat penjabat sangadi yang berasal dari Pegawai negeri sipil, melalui SK Bupati Bolaang Mongondow,” ujar Bupati.
Bupati menegaskan, sebagai ujung tombak pemerintahan dan kesatuan masyarakat hukum, Pejabat Sangadi memiliki batas-batas wilayah dan memiliki kewenangan, untuk mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat setempat, yang diakui dan dihormati dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Dengan dilantiknya dua sangadi ini, mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik lagi. Dimana dalam menjalankan kepemimpinan di desa, penjabat sangadi dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif selain itu, penjabat sangadi dituntut untuk mampu menggali dan menggelola potensi sumber daya alam, serta sumber manusia yang di pimpinnya.” Harapnya.
Tak lupa Bupati meminta kepada Pejabat Sangadi yang baru dilantik, untuk dapat melaksanakan program dan kegiatan desa, penjabat sangadi diminta harus selalu melibatkan seluruh komponen masyarakat, hal ini sangat penting untuk memperoleh dukungan dalam pelaksanaanya, sehingga beban kerja sebagai penanggung jawab pembangunan di desa menjadi lebih ringan.
“Terutama soal penggunaan dana desa, diharapkan Sangadi mampu mengelola dan menggunakan dana desa sesuai dengan tahapan, yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban secara fisik dan administrasi, agar dana desa benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukanya. Sehingga masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari dana desa,” tegasnya.
Disisi lain, dalam rangka menghadapi tahapan pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati bolaang mongondow tahun 2017, Bupati meminta semua pihak untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan jangan sampai hanya karena pemilukada masyarakat mengorbankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan.
“Kita boleh berbeda pandangan dan pilihan politik, tetapi dalam konteks pembangunan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan, kita tetap dalam bingkai satu kekeluargaan dan persaudaraan, sehingga pemilukada di kabupaten bolaang mongondow dapat terlaksana dengan baik, aman dan damai,” tutupnya.
Diketahui, turut Hadir dalam Kesempatan Tersebut diantaranya Ketua Tim Penggerak PKK Bolmong Ny.Fatmi Watung Lineleyan, SH, Asisten Pemrintahan Drs. Chris T. Kamasaan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DR.(HC) Drs. Alber Tangkere, Kaban Kesbang dan Linams Dondo Mokoginta, Camat Dumoga Tengah Sumarni Bonde, Camat Dumoga Barat Hamandu Mamonto, Kapolsek serta Danramil  Kecamatan Dumoga Tengah, Tim Penggerak PKK Kecamatan, Sangadi  di kecamatan dumoga tengah (Tr-02)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.