Bupati Lepas Pawai Ogoh-Ogoh

0
630

ADVETORIAL– Selasa (08/03)Bertempat dilapangan olahraga Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah, Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi Mokodongan melepas pawai seni ogoh-ogoh yang merupakan tradisi leluhur umat hindu , suatu ritual untuk mewujudkan keseimbangan dan keharmonisan alam.

20160308_164253Ogoh-ogoh juga merupakan simbol atau melambangkan sifat angkara murka, kesombongan, keserakahan, dan perilaku buruk yg ada pada diri manusia.

?????????????
Bupati saat memberi sambutan

Kemudian Ogoh-ogoh tersebut akan di arak keliling desa selanjutnya akan dibakar, dengan maksud agar perilaku buruk dan negatif yg ada pada diri manusia bisa ikut bersama ogoh-ogoh yg pada akhirnya terbakar habis, bersama dengan perilaku buruk tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Hi Salihi Mokodongan menghimbau agar , keharmonisasian dan tradisi ini dapat terus dijaga dan dipelihara sehingga terwujudnya masyarakat Bolaang Mongondow yang semakin rukun,damai dan sejahtera.

20160308_164023Kita semua adalah masyarakat Bolaang Mongondow yang sangat menjunjung tinggi moto leluhur kita yaitu : MOTOTOMPIAAN,MOTOTABIAN,BO MOTOTANOBAN.

Turut hadir dalam acara ini , unsur Tripika Kecamatan Dumoga Tengah, para sangadi dan perangkat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat Dumoga raya.(Adv)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.