Di Bolmong, Baru 16 Desa yang Cairkan Dandes

Sunge: Pemerintah Desa Harus Lebih Proaktif

0
414
Pemkab Bolmong Buka Konsultasi Penyerapan Dandes
Sunge Paputungan
BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pendistribusian Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2016, masih berjalan lamban. Pasalnya, hingga akhir triwulan II, dari 198 Desa se-Bolmong, baru 16 desa yang sudah mencairkan dandes yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut.

Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Sunge Paputungan mengatakan, Dandes tahap satu sebesar 60 persen harusnya sudah di cairkan. mengingat batas waktunya tinggal bulan ini (Juni.red). sementara, pada juli mendatang sudah masuk pencairan Dandes tahap dua.

“Untuk efisiensi pengelolaan anggaran. Idealnya, bulan juni ini tahap satu mestinya sudah di cairkan,” kata Paputungan. Selasa (7/6) tadi.

Menurutnya, Pemerintah Desa harus lebih proaktif lagi untuk mengenjot penyusunan administrasi persyaratan mendapatkan Dandes.

“Jika dilihat dari pengalaman di tahun sebelumnya, tergambar dengan jelas permasalahanya ada di tingkatan desa. Sehingga mengakibatkan 42 desa akhirnya tidak mencairkan tahap dua dan tiga.” Bebernya.

Tak sampai di situ saja Kata Sunge, bahkan,  untuk dana Silva yang harusnya di manfaatkan oleh desa yang belum mendapatkan Dandes tahap dua dan tiga 2015 lalu justru sampai saat ini belum memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Pada intinya pencairan dana desa sangat tergantung pada desa itu sendiri,” tukas Paputungan.

Ia mengimbau, bagi desa yang masih mengalami kesulitan, agar dapat berkoordinasi dengan BPMD, atau tenaga pendamping desa yang saat ini di tugaskan di Desa dan Kecamatan.

“Sebaiknya desa memanfaatkan fasilitas yang sudah di sediakan oleh pemerintah, sehingga tidak ada lagi kendala yang bakalan mengajal desa memanfaatkan dana desa tersebut. tentu sesuai dengan peruntukanya.” Tutupnya. (Tr2)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.