Hasil Evaluasi SPBE Tahun 2018, Bolmong Raih Predikat Cukup Memuaskan

0
290

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolmong berhasil meraih predikat cukup memuaskan untuk hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018.

Hal ini terungkap usai acara penyerahan hasil evaluasi SPBE Tahun 2018, serta Koordinasi Penerapan Tata Kelola Manajemen SPBE dan Sosialisasi Perpres 95 Tahun 2018 Tentang SPBE, yang berlangsung di hotel Bidakara Jakarta, Jumat (29/3) kemarin.

“Alhamdulillah Pemkab Bolmong dalam proses evaluasi Tim Evaluator lintas perguruan tinggi memperoleh predikat cukup memuaskan, di mana pemerintah daerah terus melakukan pembenahan di segi arah kebijakan layanan publik,” ujar Assisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bolmong Drs. Ashari Sugeha yang hadir mewakili Bupati Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow.

Kadis Kominfo Bolmong Parman Ginano dan Asisten Administrasi Umum Ashari Sugeha, saat menghadiri kegiatan tersebut.

Hasil evaluasi ini kata Ashari, dilakukan KemenpanRB terhadap 616 Kementerian, lembaga, Polri dan Pemerintah Daerah. Sebanyak 82 instansi pemerintah berpredikat baik, sedangkan 534 instansi pemerintah berpredikat cukup dan kurang.

“Sesuai arahan Bapak Wakil Presiden RI Jusuf Kallla, pentingnya akselerasi penerapan sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) terintegrasi di seluruh instansi pemerintah, karena sistem ini merupakan satu keharusan bukan pilihan karena itu jangan ditunda-tunda lagi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Parman Ginano mengungkapkan, memang dari hasil evaluasi yang telah diterima Pemkab Bolmong dalam penerapan SPBE, masih ada yang harus ditindaklanjuti bersama tim evaluator kabupaten bolaang mongondow.

“Memang salah satu penilaian yang belum dapat terpenuhi oleh pemda, yakni arah kebijakan Rencana Induk teknologi informasi yang merupakan syarat penilaian SPBE, serta standar layanan Publik penerapan sistem e-planning, e-budgeting. Namun pada prinsipnya, tim evaluator pemkab Bolmong telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan publik yang teritegrasi,” sebutnya.

Meski demikian kata Parman, di tahun 2019 ini pihaknya menargetkan predikat yang lebih baik lagi dengan memenuhi -rekomendasi-rekomendasi tata kelola layanan publik, yang telah diterima oleh Pemda Bolmong.

(*/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.