Mengingat Sejarah, Nanu Mitha Berziarah ke Makam Raja-raja Bolmong

0
229
Feramitha Tiffani Mokodompit, saat berziarah ke makam para raja - raja Bolmong.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bolaang Mongondow (Bolmong), Feramitha Tiffani Mokodompit, S.M, M.B.A melakukan ziarah ke makam Raja-raja Bolmong yang terletak di desa Bolaang Kecamatan Bolaang Timur, Selasa (6/2/2024).

Nanu Mitha mengemukakan bahwa ziarah dilakukan ke makam Raja-raja Bolmong sebagai pengingat sejarah serta wujud penghormatan kepada para leluhur.
“Ziarah ke makam untuk mendoakan para leluhur kita,” ucap Nanu sapaan akrab Feramitha Tiffani Mokodompit.

Ia juga menyebut giat yang dilakukan adalah sebagai bentuk terima kasih sekaligus bangga karena menurut penuturan dari para tokoh masyarakat Bolaang bahwa Kerajaan Bolaang Mongondow salah satu kerajaan Islam dan pernah eksis di pulau sulawesi.

“Ini juga dilakukan sebagai bentuk terima kasih sekaligus bangga kepada leluhur kita,” kata Nanu Mitha.

Nanu Mitha mengemukakan bahwa banyak pengetahuan yang ia peroleh dari masyarakat sekitar tentang Kerajaan Bolaang Mongondow, termasuk hubungan kekeluargaan antara Mokodompit dan Manoppo.

“Saya juga dengar tadi, bahwa Punu’ (Raja) Tadohe merupakan anak dari Punu’ Mokodompit. Sedangkan Tadohe memiliki putra diberi nama Mokoagow atau Raja Loloda Mokoagow yang selanjutnya memiliki anak atau keturunan Manoppo,” tutur Nanu Mitha.

Sekedar diketahui turut mendampingi kegiatan ziarah ke makam raja-raja ini, calon anggota DPRD Kabupaten Bolmong, Balda Hassu, Pemuda Bolaang serta para imam dan tokoh masyarakat Bolaang Bersatu. (Yono/*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.