Pemkab Bolmong Rencanakan Pembangunan Pelabuhan Ikan

0
326
Ilustrasi

BOLMONG,DETOTABUAN.COM -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) akan membangun pelabuhan Ikan di Desa Sauk, Kecamatan Lolak.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny R Tuuk STh MM, pembangunan tersebut dalam rangka menambah pelabuhan ikan yang ada di Bolmong, yang bertujuann untuk meningkatkan hasil di sektor kelautan.

“Kita upayakan adanya penambahan pelabuhan ikan di Bolmong,” ujar Tuuk.

Menurut Wabup Tuuk, nantinya pihak Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bolmong akan berupaya untuk melobi anggaran pembangunan tersebut. “Rencana ini telah kami gagas dan terus dilakukan pengkajian, baik dari aspek hukum, sisi potensi dan faktor pendukung lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, selain infrastruktur tersebut pihak pemerintah juga akan menambah peralatan perikanan seperti perahu nelayan, alat tangkap dan membangun tempat pengembangbiakan ikan. “Kita terus menggenjot sektor kelautan sebab umumnya warga di Bolmong berprofesi sebagai nelayan,” tambah Yanny.

Terpisah, Kepala DKP Bolmong, Ir Wayan Gede menuturkan, jika rencana tersebut terwujud maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bolmong akan mengalami peningkatan yang signifikan.

“Kalau di Labuan Uki itu pelabuhan umum, untuk itu Pemkab berencana akan membangun pelabuhan perikanan. Kami di Labuan Uki hanya mengelola retribusi kendaraan yang memuat ikan dari pelabuhan dibawa keluar, sifatnya kita hanya numpang. Selebihnya kewenangan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub),”  tutupnya. (Oct)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.