Pemkab Bolmong Terus Berupaya Wujudkan Kabupaten Layak Anak

0
108
Kadis DP3A Bolmong Farida Mooduto. (foto:Indra S. S. Ketangrejo) 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Sesuai harapan Bupati  Yasti Soepredjo Mokoagow  dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk, untuk mewujudkan Kabupaten Kabupaten Layak Anak (KLA), berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Farida Mooduto mengatakan, saat ini Kabupaten Bolmong telah memiliki 10 puskesmas dan 12 sekolah ramah anak.  “Iya, sekolah tersebut mulai dari SD/Madrasah hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat,” kata Mooduto, Kamis (30/01/2020).

Menurutnya, sebagai usaha suksesnya program itu, pihaknya tidak hanya mengedukasi para siswa, guru, dan orang tua saja. “Sosialisasi juga diberikan kepada para pedagang jajanan sekitar sekolah,” ucapnya.

Langkah ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan anak atas gizi dan keamanan jajanan yang ada di sekolah. “Hal ini turut menjadi bagian perwujudan Kabupaten Layak Anak (KLA),” ujarnya.

Terpisah, Kepala Seksi Kesejahteraan Anak DP3A Rahmawati Gomohung menambahkan, saat ini DP3A Bolmong terus memacu keterlibatan partisipasi anak di lingkungan sekolah. “Hal itu untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Sementara itu, di sisi lain kita (DP3A, red) juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bolmong untuk menambah jumlah puskesmas ramah anak,” tuturnya.

Selain itu katanya, saat ini Kabupaten Bolmong juga telah memiliki 10 Puskesmas ramah anak. “Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Poigar, Puskesmas Tadoy, Puskesmas Lolak, Puskesmas Maelang, Puskesmas Imandi, Puskesmas Komangaan, Puskesmas Mopuya, Puskesmas Pangian, Puskesmas Doloduo dan Puskesmas Inobonto,” tutupnya.

Sekadar diketahui sekolah-sekolah yang ditetapkan ramah anak tersebut diantaranya, MAN I Bolaang Mongondow, Mts Negeri I, MTs Negeri 2, Mandrasah Ibtidaiyah Negeri II, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2. Selain itu SD Negeri I Mongkoinit Kecamatan Lolak, SD Negeri 5 Kopandakan Kecamatan Lolayan, SD Negeri Tungoi Kecamata Lolayan, SMP Negeri I Lolak, SMP Negeri I Bolaang di Desa Inobonto, SMP Negeri Poigar Kecamatan Poigar.  (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.