Pj Bupati Jusnan Support Penuh Pemdes Doloduo 2 Diajang Lomba Desa Kelurahan Tingkat Provinsi

0
21

Detotabuan.com,BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dr. Jusnan Mokoginta MARS  turut hadir mendampingi Pemerintah Desa Doloduo 2 pada penilaian Lomba desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Rabu 5 Juni 2024 .

Seperti diketahui, pada hari Rabu kemarin Desa Doloduo 2 kedatangan tim penilai Provinsi yang dipimpin Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Provinsi Sulut Marselino J Lomban, M.Si.

Acara diawali dengan penjemputan adat, dilanjutkan dengan laporan Camat Dumoga Barat, serta pemaparan yang disampaikan Kepala Desa Doloduo 2 Wawan Bonde.

Sementara itu, PJ Bupati Bolmong dr. Jusnan C Mokoginta MARS menyampaikan, masuknya Desa Doloduo 2 dalam ajang Lomba Desa Kelurahan tingkat Provinsi merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua.

Apalagi, Desa Doloduo 2 bulan baru kali ini mengikuti Lomba tingkat Provinsi, namun sudah kali kedua, dan tahun kemarin mendapatkan Juara 1 tingkat Provinsi.

“Komitmen kami, jika Desa Doloduo 2 berhasil menjadi juara dalam lomba desa tingkat provinsi se-Sulut, maka Pemda Bolmong akan memberikan support penuh menuju ke tingkat nasional,” ujar Jusnan.

Desa Doloduo 2 kata dia, saat ini menjadi role model bagi desa – desa yang ada di Bolmong, banyak inovasi inovasi yang berhasil mereka lakukan, termasuk aplikasi pengurusan KTP. Sehingga masyarakat tak perlu ke Ibukota, demikian juga Deng produk UMKM dan masih banyak lagi.

“Dokumen administrasi penunjang juga akan kita percepat termasuk Ijin produk UMKM, HAKI dan lain sebagainya,” ujar Jusnan.

Ditempat yang sama, Kepala DPMD Sulut Darwin Muchsin MM yang diwakili Sekretaris PMD Marselino J Lomban, M.Si atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur menyampaikan ucapan selamat kepada pemdes Doloduo II yang mewakili Bolmong Diajang lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi.

Pelaksanaan lomba Desa dan Kelurahan ini kata dia, mengacu pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 dan meeupakan agenda tetap setiap tahun yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat nasional.

“Meski ada ribuan Desa dan kelurahan di Sulut, namun yang dapat diusulkan dalam lomba desa ini hanya yang masuk 2 kriteria, yakni Desa kelurahan cepat berkembang dan Desa Kelurahan berkembang.

Menurutnya, ada 3 aspek yang menjadi penilaian  panitia salam lomba ini yakni di Bidang pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan kemasyarakatan yang kemudian dijabarkan dalam 19 aspek.

“Makna penting dalam kompetisi ini adalah bagaimana menjadi lebih baik, apalagi sudah masuk tingkat provinsi, dimana Desa Doloduo II juga harus bersaing dengan 1507 desa dan 332 Kelurahan se Sulut,” sebutnya.

Meski demikian ia mengingatkan, bahwa esensi lomba ini bukan soal menang atau kalah namun agar kita bisa melihat kekurangan dan kelebihan desa masing masing, sebab aspek aspek yang dinilai bersifat dinamis.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rombongan Tim penilai Provinsi, Ketua DPRD Welty Komaling, SE, MM, Unsur Forkopimda Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta SH, M.Si, kepala OPD se-Bolmong, camat, kepala desa dan masyarakat.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.