Soal Pencairan Dandes, Pemerintah Desa dan Kecamatan Diminta Proaktif

0
382
Pemkab Bolmong Buka Konsultasi Penyerapan Dandes
Sunge Paputungan

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pencairan Dana Desa (Dandes) untuk Kabupaten Bolmong hingga hari ini masih saja terkendala dengan persoalan administrasi, padahal disejumlah daerah seperti Kabupaten Minsel dan Talaud dananya sudah mulai masuk ke kas desa.

Pemerintah Kabupeten Bolmong melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sunge Paputungan mengatakan, cepat atau tidaknya pencairan Dana Desa (Dandes), tergantung sikap proaktifnya pemerintah Desa dan Kecamatan.
“Kalau berkas dari desa dan kecamatan cepat dilengkapi pasti dananya cepat dicair dan itu pasti,” jelasnya, kamis (19/5) kemarin.
Terpisah, Kaban PMD Sulut, Moh Rudi Mokoginta mengatakan, soal Dandes pasti dicairkan oleh pemerintah, ia bahkan memastikan Dandes Bolmong cair sebelum bulan puasa. “Kami pasti usahakan untuk pencairan Dandes, sebelum bulan puasa,” kata Rudi.
Meski demikian, ia meminta agar persoalan administrasi (Persyaratan) agar segera dilengkapi, sehingga tidak terjadi persoalan dikemudian hari.
“Kami sudah menjelaskan secara berulang-ulang lewat Bimtek mengenai aturan penggunaan dana tersebut, bila disalahgunakan itu sudah kesalahan sendiri dan pasti akan berhubungan langsung dengan pihak berwajib, seperti kepolisian,” tegasnya. (Tr2)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.