Komisi I DPRD Bolmut Sidak Puskesmas Tuntung dan Buko

0
406

BOLMUTDETOTABUAN.COM — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melakukan inspeksi mendadak (sidak)  di dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wilayah Kecamatan Pinogaluman, Rabu (29/01/2020).

Kunjungan ini bertujuan untuk  melihat langsung keadaan puskesmas yang berkaitan dengan pelayanan dan mendengarkan langsung kendala-kendala yang ada di puskesmas Tuntung dan Buko.

 

Kepala Puskesmas Buko, Zulkifli Masuara, S.KM dalam paparannya menjelaskan bahwa pada tahun 2017 puskesmas Buko mendapat predikat akreditasi Madya dan tahun 2020 ini puskesmas dalam persiapan akreditasi.

“Kami terus  berupaya memperbaiki apa yang masih kurang di puskesmas ini, dan untuk pelayanan kesehatan kami turun langsung kerumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.” Kata Masuara

 

dia juga mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi pihak puskesmas seperti masih terbatasnya alat kesehatan dan tenaga medis.

hal senada juga diutarakan Kepala Puskesmas Tuntung, Ade Irma Sangko mengatakan bahwa menjelang akreditasi pihaknya membutuhkan persiapan biaya dalam penataan puskesmas.

“Tahun ini kami akan reakreditasi yang membutuhkan anggaran untuk melakukan penataanKarena dalam hal yang mempengaruhi penilaian terutama kesulitan penataan ruangan karna sempit,” Ungkap Irma

Dalam sesi diskusi bersama komis I sejumlah tenaga medis Puskesmas Tuntung keluhankan berbagai persoalan  seperti gedung telalu kecil, alat kesehatan yang tidak berfungsi serta kurangnya ketersediaan obat, dan tunjangan resiko bagi tenaga medis.

Menanggapi masalah yang di hadapi kedua puskesmas tersebut, tim Komisi I DPRD Bolmut bersepakat setelah meninjau langsung kondisi fasilitas kesehatan dan menyerap aspirasi melalui Kepala Puskesmas dan jajarannya, pihak DPRD akan berupaya membahas hal itu dalam reses maupun rapat bersama pemerintah daerah. (Bahar Korompot)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.