KPU Bolmut Gelar Simulasi Pemungutan Suara, Perhitungan dan Penggunaan Aplikasi SIREKAP

0
11

Detotabuan.com,BOLMUT – Jelang hari pemungutan suara 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmut menggelar simulasi pemungutan suara, perhitungan suara, serta penggunaan SIREKAP dalam pemilihan umum tahun ini.

Acara tersebut dilaksanakan di area terbuka dekat pemukiman penduduk yang berlokasi di Wisata Batu Pinagut, Boroko.Pada hari Rabu, 31 Januari 2024,

Dalam simulasi tersebut, melibatkan berbagai pihak terkait baik Parpol, penyelenggara, Bawaslu, masyarakat hingga wartawan dengan tujuan agar dapat mengsosialisasi kegiatan tersebut kepada masyarakat.

Dari 17 partai yang mendaftar dalam pemiliham kali ini,sebanyak 12 partai politik  di Bolmut turut ambil bagian berpartisipasi.

“Pada saat pemungutan suara, setelah menerima 5 surat suara, petugas harus memeriksa kertas suara untuk memastikan keabsahan dan keakuratan suara yang masuk,” ujar Komisioner KPU Bolmut yangembidangi Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Nur Apri Ramadan L. Usman.

Selain itu, ada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KKPPS) yang membimbing pemilih dalam proses tersebut,ketika tidak ada pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS), KKPPS diberikan waktu untuk melakukan pencalonan agar tidak mengganggu kelancaran proses pemilihan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan dalam pengaturan waktu yang tersedia.

“Semua diperagakan, seperti pada saat pemilihan nanti, sehinga saya berharap apa yang diskmulasikan saat ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang yang tinggal menghitung hari,” pungkasnya.

(Ipul)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.