Potensi Pertambangan Menjanjikan, DPRD Nilai Pemkab Kurang Perhatian

0
355
Muliyadi Pamili

BOLMUT, DETOTABUAN.COM – Potensi pertambangan diwilayah Kab, Bolmut, yang cukup menjanjikan,terutama dalam menunjang perekonomian serta menambah pendapatan bagi Daerah, nampaknya belum sepenuhnya dimanfaatkan Pemerintah Daerah (Pemkab). selain tambang potensi lain yang bisa dimanfaatkan diantaranya minyak Bumi, hal ini berdasar pada survey Departeman Pertambangan dan Energi Republik Indonesia, tahun 1997 silam. Sayangnya Pemkab, Bolmut, dinilai kurang memperhatikan sejumlah potensi tersebut.

Hal ini mendapat tanggapan anggota DPRD Bolmut Mulyadi Pamili, SH, menurutnya  potensi tersebut dikembangkan dan dimanfaatkan oleh pemerintah, pasti akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Bupati dan Wabup harus Cerdas ber inovasi dengan memanfaatkan potensi alam di Daerah. Jika dikembangkan dampaknya ke peningkatan ekonomi masyarakat,” Katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Bolmut, Ir Sudirman Nani ketika dikonfirmasi, menuturkan, keberadaan potensi pertambangan di wilayah Bolmut terdeteksi hampir berada di enam Kecamatan. Namun, tentunya keberadaan potensi tersebut perlu diperkuat dengan data kongkrit dilapangan melalui survey.

“Saat ini tercatat ada sejumlah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan sedang melakukan eksplorasi. Perusahaann tersebut antara lain, PT Suma Heksa Sinergi, PT Gorontalo Sejahtera, PT Narayana Adicipta dan PT Fasifik Natural Resourches. “Mereka sedang beroperasi diwilayah-wilayah seperti di Desa Tuntung, Desa Nunuka, Ollot II, Sonou, Inomuga dan Batulintik,” Ungkapnya.(Eky)