Bupati dan Wabup Bolsel Hadiri Upacara Melasti Umat Hindu

0
470

ADVERTORIAL — Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, SIP didampingi Wabup Iskandar Kamaru, SPT beserta jajaran pejabat Pemkab Bolsel menghadiri upacara Melasti umat hindu, yang dilaksanakan di Pantai Panango, Kabupaten Bolsel, Kamis (20/9) tadi.

Tiba dilokasi Bupati dan rombongan disambut dengan tarian adat bali, yang dilakukan sebagai ungkapan penghormatan.

Dalam sambutannya, Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Bolsel I Wayan Sukiastana mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Bolsel yang telah hadir sekaligus memberikan dukungan penuh hingga terlaksananya kegiatan ini.

Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, SIP saat memberikan sambutan.

“Atas nama Umat Hindu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup yang telah hadir sekaligus memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, meski umat Hindu di Bolsel hanya berjumlah 93 Kepala Keluarga, namun pemerintah kabupaten Bolsel memperlakukan mereka sama dengan umat-umat yang lain.

Senada disampaikan Ketua Parisada Hindu Dharma Bolmong, I Komang Arya Prawira Jaya, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan Pure yang berada di kompleks Perkantoran Panango Bolsel.

“Jujur pak Bupati, selama 50 Tahun ini kami di BMR tidak pernah ada pembangunan Pure Hindu oleh Pemerintah secara langsung, kami bersyukur Bolsel sebagai daerah baru bisa mewujudkan hal itu , kami tidak akan pernah melupakannya, terima kasih pak Bupati,” ujar I Komang.

Sebagai pimpinan daerah dan Tokoh Toleransi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Bupati Bolsel dianggap telah berperan aktif terhadap pembangunan sarana ibadah termasuk pembangunan simbol religius Masjid, Gereja, dan Pure di Panango.

“Terima kasih pak bupati, kami akan selalu mengingat kebaikan bapak dengan selalu mendoakan agar Pak Bupati tetap sehat,” doanya.

Berdasarkan kesepakatan umat Hindu yang ada BMR kata dia, Pure tersebut akan diberi nama Pure Armerta Segara yang artinya Air Kehidupan Yang Abadi Datang Dari Laut.

Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu, SIP berharap, melalui momentum ini semoga dapat mempererat tali silaturahmi diantara semua umat beragama, dalam mewujudkan percepatan pembangunan di daerah ini.

“Selamat merayakan upacara Dasa Warsa Ngenteg Linggih atau Padudusan Alit Pura Puseh Desa Adat Werdhi Agung bersatu. Saya berterima kasih karena kegiatan persembahyangan umat Hindu bisa dilaksanakan di Bolsel,” kata Mayulu.

Ia mengungkapkan, saat ini pemerintah daerah sedang membangun tiga rumah ibadah yakni Masjid, Gereja dan Pure yang berada di satu kompleks perkantoran Panango. Ini dimaksudkan untuk mendukung visi daerah religius dengan tujuan.

“Bolsel akan selalu terbuka bagi umat Hindu yang ingin melaksanakan upacara keagamaan. Kedepan Bolsel akan membangun monumen kerukunan umat beragama,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 20 Juta kepada umat Hindu yang merupakan sumbangan pribadi.

“Meski tidak seberapa, namun saya berharap sumbangan ini bisa membantu umat hindu yang ada di Bolsel dan Bolmong,” pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin, para asisten, staf khusus, staf ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan ribuan umat Hindu

(ADV/Utha)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.