Diserahkan Bupati, 81 Desa di Bolsel Terima ADD dan DD Tahun 2024

0
4

Detotabuan.com,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Spt, Msi, didampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, menyerahkan pagu Alokasi Dana Desa (ADD) dan DDS Tahun Anggaran 2024 secara simbolis kepada para 81 Sangadi se Kabupaten Bolsel, yang dilaksanakan di Lapangan Futsal, Kompleks Perkantoran Panango, Senin (08/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Iskandar mengatakan untuk tahun anggaran 2024, dana desa yang bersumber dari APBN untuk 81 desa di Kabupaten Bolsel berjumlah kurang lebih Rp. 59,8 milyar, bertambah 0,9% dari jumlah tahun lalu atau sekitar Rp.536 juta.

“Desa yang menjadi penerima DD tertinggi masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Milangodaa Barat, kemudian Momalia Dua di posisi kedua, dan Momalia Satu di posisi ketiga,” ujar Bupati.

Pun, dihadapan para sangadi bupati menegaskan terkait dengan administrasi dalam penyelenggaraan program pemerintahan agat dapat berjalan dengan baik.

Lanjut, Bupati minta para Sangadi segera menyusun APBDes 2024 yang tetap berpedoman pada undang-undang.

“Kepada Dinas PMD, para Camat dan Sangadi agar saling berkolaborasi agar tidak ada program-program yang tidak terselesaikan, serta laporkan kepada saya jika camat atau dari dinas PMD yang mempersulit terkait dana desa,” ungkapnya.

Ia juga meminta, Dana Desa dan ADD dapat dikelola dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas dari seluruh jajaran pemerintah desa.

“Perlu diingat, bahwa per Januari 2024, desa sudah secara penuh menggunakan Siskeudes online. Sistem ini menuntut ketepatan dan kecepatan karena pencatatannya sudah digital, dan dipantau oleh banyak pihak termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” jelas Bupati.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Bolsel, para asisten, pimpinan OPD, para Staf khusus Bupati, Camat, serta para Sangadi se-Kabupaten Bolsel. (Adve/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.