Soguo dan Salongo Wakili Bolsel di Lomba HKG PKK Tingkat Provinsi

0
340

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolsel mengikutkan 2 Desa terbaik yakni Desa Soguo dan Salongo, dalam Lomba yang digelar TP PKK Provinsi dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47.

Ada 5 Jenis lomba yang diikuti 2 Desa tersebut diantaranya Lomba Hatinya PKK, Lomba Posyandu, Lomba UP2K, lomba administrasi PKK dan Lomba lingkungan bersih sehat (LBS).

Penilaian mulai berlangsung Senin (8/4), oleh Tim penilai Provinsi yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Sulut, Ir. Rita Maya Dondokambey Tumuntuan.

Dalam laporannya, Ketua TP-PKK Bolsel Selfian Kamaru Manoppo menyampaikan, bahwa pembinaan dan penyuluhan terhadap kader yang berada di kelompok Dasawisma dan Posyandu termasuk penjabaran 10 program PKK, maka didapatkan Desa yang secara nyata telah melaksanakan program dengan baik.

“Data ini kemudian dimanfaatkan oleh instansi terkait termasuk di pergunakan sebagai data lomba HKG PKK Bolsel yang dilaksanakan setiap tahunnya. Maka desa Salongo dan Soquo Desa terbaik dalam pelaksanaan program di tingkat Kabupaten sehingga diutus pada lomba kali ini,” terangnya, saat menerima kunjungan tim penilai di Kantor Desa Salongo, Kecamatan Bolaang Uki.

Berbagai persiapan lanjutnya, sudah mereka lakukan seperti sosialisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Tatanan rumah tangga, gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), penyegaran kader PHBS pengolahahan data serta evaluasi monitoring hasil kegiatan secara rutin dan menjabarkan 10 hasil indikator diantaranya dengan metode pembinaan, penyuluhan, kabupaten dan penyebaran informasi, kepada TP PKK Kecamatan dan Desa.

“Maka dengan ini, kami dari jajaran TP PKK dan masyarakat Bolsel, telah siap menerima tim penilai dari Provinsi Sulut dengan semangat kebersamaan, persaudaraan dan semangat gotong royong, maka masyarakat Bolsel optimis meraih juara pada lomba HKG tingkat Provinsi Tahun 2019,” tukasnya.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPT, menyambut baik, sekaligus menyampaikan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi bersama Tim penilai yang telah datang ke Kabupaten Bolsel.

“Kedatangan Ketua TP PKK Provinsi Sulut, merupakan wujud kepedulian dan perhatian dalam memberikan motivasi bagi masyarakat khususnya TP PKK Bolsel, kami berharap kedatangan ini dapat memberikan motivasi, saran dan arahan kepada untuk lebih baik lagi,” kata Kamaru.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir, Rita Maya Dondokambey Tumuntuan mengatakan, bahwa pelaksanaan lomba ini, bertujuan untuk memastikan bahwa gerakan PKK telah dijalankan, selain itu sebagai bagian pembinaan pelaksanaan program gerakan PKK yang dilaksanakan sesuai hasil Rakernas PKK juga berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2013.

“Program-program PKK selalu terintegritas dengan program-program lain terutama yang dikelola pemerintah maupun swasta dan LSM, baik di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dilingkungan Provinsi Sulut, kegiatan PKK juga disuport dan didukung oleh instansi terkait, baik dukungan dana maupun dalam bentuk kegiatan langsung,” terangnya.

Rita berharap, Pemkab Bolsel juga memberikan suport penuh pada program TP-PKK disemua jenjang termasuk dukungan Dana.

“Karena tanpa dukungan dana, tentu sia-sia segala rencana kerja dan upaya-upaya gerakan PKK di Semua jenjang, terutama yang menyangkut kepentingan keluarga-keluarga di Desa/Kelurahan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Rita menitipkan pesan kepada kader-kader PKK agar turut berpartisipasi dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Biarlah kita memilih sesuai hati nurani kita dan tentunya yang dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat dan yang terpenting peduli pada kegiatan-kegiatan PKK,” sebutnya.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Bolsel Marzansius Arvan Ohy, Para Assisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat, Kepala Desa dan Pengurus TP-PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Bolaang Uki.

(Tr-01)