Pelaku Usaha Mikro di Boltim Dapat ‘Angin Segar’

0
337
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Pelaku usaha mikro di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mendapatkan angin segar dengan dianggarkannya bantuan untuk pelaku-pelaku usaha mikro. Bantuan usaha tersebut, diprogramkan Pemkab Boltim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan UMKM. Kepala Disperindag UMKM Ahmad Mulyadi menjelaskan, untuk tahun 2017 sudah memprogramkan bantuan untuk pelaku usaha mikro. “Berdasarkan database, ada lebih dari seribu yang ada. Dan sudah masuk dalam rencana kegiatan anggaran 2017,” ujar Mulyadi, Selasa (20/12).
Lanjutnya, di bidang UMKM ada program bantuan untuk pelaku khusus usaha kecil mikro, yang akan mendapatkan bantuan satu kali untuk satu tahun. “Bantuan ini berdasarkan program bupati. Disiapkan bantuan sekitar Rp 2.5 juta setiap pelaku usaha mikro,” jelas Mulyadi.
Selain itu, dirinya juga menjelaskan, ada beberapa kriteria usaha yang masuk dalam kateogori usaha mikro. “Tidak semua pelaku usaha mendapatkan bantuan. Bantuan khusus usaha mikro seperti warung-warung,” hanya saja menurut Mulyadi, untuk pembagian bantuan berdasarkan peraturan tidak boleh SKPD memberikan bantuan tunai. “Jadi kita akan koordinasi dengan DPPKAD. Dan nomenklaturnya bantuan dalam berbentuk hibah. Kita menyiapkan data,” jelas Mulyadi.
Lanjut dikatakannya, untuk penyaluran bantuan nantinya Disperindag UMKM akan memverifikasi data para penerima. “Kita pasti cek dilapangan yang akan menjadi penerima. Layak atau tidak menerima bantuan. Tentunya bantuan harus tepat sasaran dan tepat guna,” tutup Mulyadi. (Fery)