Calon Jamaah Haji Bolmong Batal ke Tanah Suci Tahun Ini

0
16
Penjemputan Jamaah Haji Bolmong Beberapa Tahun Lalu. (Foto: Istimewa)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Harapan para calon jamaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah terpaksa harus tertunda. Pasalnya, Kementrian Agama memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jamaah haji tahun 2020.

Ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor: 494 tahun 2020, tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M.

KMA nomor 494  tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020 ini di ambil, karena pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) ini.

Di Kabupaten Bolmong sendiri, ada sedikitnya 48 calon jemaah haji yang telah seiap untuk berangkat. Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama Bolmong Muhtar Bonde, 48 calon jemaah haji yang sedianya berangkat tahun ini digeser dan akan diberangkatkan tahun 2021 mendatang.

Soal persiapan dan kelengkapan administrasi termsuk dokumen, 48 calon jemaah haji Bolmong sudah tidak masalah lagi. “Semua sudah siap. Baik itu dokumen pemeriksaan kesehatan, termasuk pula pelunasan biaya perjalanan haji,” ungkap Bonde, Rabu (03/06/2020).

Otoritas Arab Saudi sampai saat ini belum membuka akses bagi calon jemaah haji, sehingga pemerintah tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah.

“Kami berharap kepada seluruh calon jemaah calon haji untuk tetap bersabar dan berdoa dengan penuh semangat, serta tetap menjaga kesehatan agar tahun berikutnya bisa berangkat,” ucapnya. (Ind)