Bersama Perwakilan BPKP Sulut, Lima Pemda se – BMR Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan

0
14

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan lima Pemerintah Daerah (Pemda) se- Bolaang Mongondow Raya yang berlangsung di Aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota Kotamobagu, Senin (19/2/2024).

Penandatanganan Nota Kesepakatan secara serentak ini sebagai langkah koordinasi pengawasan oleh lima Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota di wilayah Bolaang Mongondow Raya dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

 

Kesepakatan ini ditandatangani Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr Drs Hi Asripan Nani MSi, bersama Kepala Daerah lainnya di Bolmong Raya, antara lain Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si. Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt MSi. Bupati Bolmong yang diwakili oleh Sekda Abdullah Mokoginta, serta Bupati Bolmut diwakili Sekda dr Jusnan C Mokoginta.

Dalam agenda tersebut juga dilaksanakan telaah sejawat eksternal.

 

“Atas nama Pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan selamat datang kepada kepala BPKP provinsi Sulawesi Utara yang kebetulan baru kali ini menginjakkan kaki di tanah Bolaang Mongondow Raya,” ucap Asripan Nani.

Sementara, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Bambang Ari Setiono mengatakan bahwa hari ini pihaknya dan 5 kabupaten/Kota se BMR telah menandatangani Nota kesepakatan bersama dalam hal pengawasan internal pemerintah.

 

“Hari ini kita telah menandatangani nota kesepakatan yang merupakan tindak lanjut kerja sama yang selama ini kita laksanakan, dimana peran kami BPKP sebagai pengawas internal pemerintah dalam rangka membantu mengawal penyelenggaraan tentang akuntabilitas keuangan dan efektivitas program kegiatan dalam mencapai efektivitas pembangunan,” ujar Bambang.

“Dalam hal ini Sudah banyak kerja sama yang sudah kita laksanakan dan kami memberikan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah se BMR serta berharap kerjasama ini akan berjalan lebih baik lagi kedepannya,” tambahnya.

Selain kegiatan ini, Bambang mengungkapkan bahwa Pihaknya juga merencanakan melaksanakan Telaah Sejawat yang rencananya akan dimulai besok hari.

“Ini bagian dari peningkatan kompetensi bagi tenaga Auditor khususnya di Inspektorat karena sebagai profesi Auditor perlu salah satu kegiatan Telaah antar Unit APIP di lingkungan pemerintah se Bolaang Mongondow Raya ini,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Kegiatan, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Bambang Ari Setiono, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Iskandar Kamaru, Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, Pj Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow, Abdullah Mokoginta, Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, dana para pejabat eselon se-Bolmong Raya. (Ida/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.