BPBD Kota Kotamobagu Himbau Masyarakat untuk Cepat Tanggap Menghadapi Fenomena El Nino

0
27
Ilustrasi El Nino

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu telah menghimbau kepada masyarakat setempat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap Fenomena El Nino dan bersiap menghadapi potensi kebakaran hutan dan pemukiman.

“Fenomena El Nino adalah peningkatan suhu permukaan laut di samudera Pasifik tengah dan timur. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak fenomena El Nino diperkirakan terjadi pada bulan Agustus hingga September, yang akan mengakibatkan kurangnya curah hujan dan potensi dampak seperti kekeringan, kebakaran, dan gelombang panas,”ungkap Plt. Kepala Badan BPBD Kota Kotamobagu Asriyanti SE, MM, Selasa (06/09/2023).

Meskipun Kotamobagu saat ini belum mengalami dampak signifikan, Asriyanti menekankan pentingnya menghindari tindakan sembarangan seperti membakar ranting atau rumput di kebun atau hutan.

“Saya ingatkan kepada Masyarakat untuk mengantisipasi risiko kebakaran rumah selama musim kemarau. Jika terjadi kebakaran, segera hubungi pihak pemadam kebakaran dan evakuasi jika berdekatan dengan pemukiman warga. Selain itu, penting untuk selalu memantau informasi BMKG dan berpartisipasi dalam upaya pemadaman dengan alat seperti ember dan air yang tersedia,”ujarnya

BMKG dalam hal ini memberikan sejumlah himbauan kepada masyarakat dalam menghadapi Fenomena El Nino, antara lain:

1. Mengelola air dengan bijak, gunakan air secara efisien, buat sumur resapan, dan siapkan cadangan air.

2. Menjaga kelestarian lingkungan dengan mempertahankan area hijau.

3. Memantau perkembangan perkiraan cuaca dari BMKG.

4. Memastikan asupan air mineral yang cukup.

5. Mengurangi aktivitas di luar ruangan saat siang hari atau dalam kondisi cuaca ekstrem.

6. Melindungi diri dengan menggunakan topi, pakaian panjang, payung, dan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

7. Mendorong penanaman pohon sebagai upaya penghijauan.

“Masyarakat Kotamobagu diharapkan untuk mematuhi himbauan ini demi menjaga keamanan dan kesejahteraan selama Fenomena El Nino,” pungkasnya

(Ludin)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.