Disparbud Dorong Pemerintah Desa Kembangkan Potensi Wisata

0
131
Agung Adati

KOTAMOBAGU -Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas  Pariwisata dan Kebudayaan saat ini terus mengembangkan  Berbagai potensi  wisata yang tersebar di Wilayah Kotamobagu, mulai dari wisata alam, wisata religi dan cagar budaya,  agar dijadikan sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu Moch Agung Adati, bahkan saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan objek abjek wisata yang akan dikembagkan.

“Ada sekitar 25 objek wisata yang sudah di data mulai dari objek wisata alam, wisata buatan, Budaya dan Religi, dan itu sudah masuk dalam perencanaan pengembangan, namun disesuikan dengan anggaran,” terangnya.

Lebih lanjut kata dia, dalam pengembangan potensi potensi ini, pihaknya terus mendorong pemerintah Desa agar mengalokasikan anggaran melalui Dana Desa (Dandes) untuk pengembangan objek wisata di wilayah masing masing.

“Kami mendorong Pemerintah Desa untuk mengembangkan objek wisata yang ada diwilayah masing masing  melalui Dana Desa dan kalau itu dikembangkan tentunya akan dapat mendongkrak Pendapatan Asi Desa  itu sendiri. “ Jelas Adati.

Terpisah, Badaria Mokoginta Kepala Desa Bilalang Satu Kecamatan Kotamobagu Timur, mengatakan ada beberapa Objek wisata yang ada di Desa Bilalang Satu, yang dekat dengan pemukiman warga, namun belum dikelolah dengan baik dikarenakan keterbatasan anggaran .

“Insyaallah tahun 2019 mendatang kita akan mengembangkan objek wisata Air Panas Malelang, Kawasan Air Batu Putih, melalui anggaran Alokasi Dana Desa untuk pengembangannya,” Kata Badaria Mokoginta. (Ra)