Peluang Bekerja di Jepang, Pemkot Kotamobagu Buka Program Pelatihan Bahasa Asing

0
59
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkot Kotamobagu, Johan Sofian Boulu.

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) bersama PT Dewa Aksara Nusantara (DAN) segera membuka pendaftaran peserta program pelatihan bahasa asing.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Johan Sofian Boulu kepada awak media, Rabu (17/1/2024).

Sofian menjelaskan program pelatihan dalam hal ini bahasa Jepang, kolaborasi dengan PT DAN siap untuk menampung sebanyak- banyaknya peserta dengan skema talangan.

“Pihak PT DAN akan datang ke Kotamobagu untuk melaksanakan tes. Misalkan ada 200 peserta yang dinyatakan lulus, maka akan dilakukan perangkingan. Untuk peserta lulus 1 – 10 mereka akan dibiayai oleh pemerintah kota,” terang Sofian.

“Untuk peserta lulus lainnya akan dibiayai PT DAN dimana peserta bisa mengikuti pelatihan, dan setelah bekerja barulah pengeluaran – pengeluaran yang ada dicicil oleh masing- masing peserta,” tambahnya.

Lebih lanjut Sofian menyampaikan untuk peserta pelatihan terbuka untuk umum bagi lulusan SMA sederajat dan berusia maksimal 30 tahun.

Ia menambahkan, program ini antara Indonesia dan Jepang dan sifatnya legal, sementara untuk alokasi anggaran 10 peserta yang ditanggung Pemkot, termasuk tiket dan pelatihan selama 3 bulan diambil dari APBD sebesar 18 juta per orang.

Menurut Sofian, untuk pendaftaran diperkirakan hingga bulan Juni mendatang, namun apabila pada bulan Februari sampai Maret jumlah pendaftar sudah mencapai 300 sampai 400 peserta, Disperinaker akan segera menghubungi PT DAN untuk segera melaksanakan pelatihan.

(Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.