Pemkot Kotamobagu Gelar Rapat Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Kotamobagu Tahun 2024

0
44

Pemkot Kotamobagu Gelar Rapat Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Kotamobagu Tahun 2024

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar Rapat Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman yang dibuka Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan, S.Sos, M.Si bertempat di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, Kamis 30 Mei 2024.

Kepala Bappelitbangda Chelsia Paputungan, ST., ME mengatakan rapat yang dilaksanakan merupakan bagian dari peningkatan peran pemerintah dalam hal sanitasi maupun persampahan yang ada di Kota Kotamobagu.

“Dalam hal ini bagaimana rencana aksi maupun bagaimana mensosialisasikan pengelolaan sampah, yang dimulai dari tingkatan keluarga, karena dengan keterbatasan TPA yang ada, sehingga ini menjadi tugas kita untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak akan banyak lagi sampah yang kita bawa ke TPA, tetapi sampah dikelola ditingkatan kelurahan,” terang Chelsia kepada detotabuan.com saat ditemui disela – sela pelaksanaan kegiatan.

“Terkait dengan limbah, lanjut Chelsia, dari Dinas terkait dalam hal ini PU sudah ada seratus lebih sambungan tangki septic yang disiapkan, sehingga masyarakat tidak lagi menggunakan septic tank yang konvensional yang tentu merusak lingkungan. Pemerintah menyiapkan tangki septic yang standar yang cara kerjanya akan disedot menggunakan mobil tangki dan selanjutnya akan diolah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang ada di desa Bungko,” terangnya.

Lebih lanjut Chelsia menambahkan rapat yang dilaksanakan hari ini lebih kepada bagaimana meningkatkan hal pengelolaan limbah, mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jamban yang ada di masyarakat harus sesuai standar lingkungan yang sehat.

Menurutnya hal tersebut untuk menjaga kesehatan masyarakat, karena hal itu juga berpengaruh pada program stunting yang ada di Kotamobagu.

“Di stunting itu, penilaiannya termasuk infrastuktur yang salah satunya adalah sanitasi dan pengelolaan sampah,” jelasnya.

Chelsia berharap dengan dilaksanakannya pertemuan ini, akan lebih mendapatkan ide – ide dari dinas terkait sehingga apa yang menjadi target pemerintah dapat dilaksanakan, dengan pendampingan dan evaluasi sesuai dengan program – program yang sudah disepakati.

(Alfrieda Serang)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.