Pj Wali Kota Asripan Nani Irup HUT ke -17 Kotamobagu yang Dirangkaikan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke – 116

0
9

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si., menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke – 17 Kota Kotamobagu yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke -116 tahun.

Upacara dilaksanakan di Alun – alun Boki Hontinimbang Kotamobagu pada Senin, 27 Mei 2024.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun ke – 17 Kota Kotamobagu pada pagi hari ini, sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh pendahulu dan pejuang pembentukan Kota Kotamobagu, serta apa yang telah kita semua upayakan dalam rangka mewujudkan cita – cita untuk memajukan daerah serta menyejahterakan masyarakat,” ucap Pj. Asripan Nani mengawali sambutannya.

Dirinya menyampaikan ungkapan rasa syukur pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke – 17 Kota Kotamobagu hendaknya makin memperteguh komitmen seluruh elemen masyarakat Kota Kotamobagu. Untuk seluruh aparatur pemerintah daerah Kota Kotamobagu, untuk lebih memaksimalkan peran dan tanggung jawab masing – masing, sebagaimana yang menjadi tema dari peringatan HUT ke – 17 tahun Kota Kotamobagu yakni “Menuju Kotamobagu Maju dan Berdaya Saing,” demi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan seluruh masyarakat, sebagaimana yang telah menjadi cita – cita dan tujuan awal, dari pembentukan daerah yang sama – sama kita cintai bersama ini,” ungkap Pj. Wali Kota Asripan Nani.

“Alhamdulillah, dalam kurun waktu 17 Tahun, Kota Kotamobagu telah banyak mengalami berbagai perubahan, perkembangan serta kemajuan di berbagai bidang. Hal tersebut dapat dilihat, dari suksesnya pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan di daerah ini, serta berbagai kemajuan, kesukseskan, serta pencapaian yang sangat membanggakan,” tambahnya.

Momentum HUT ke -17 Kota Kotamobagu membuktikan pemerintah daerah dan masyarakat Kota Kotamobagu telah berhasil meraih berbagai prestasi yang sangat membanggakan, baik itu di bidang pemerintahan, keuangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, kepegawaian, serta berbagai bidang lainnya, baik dari pemerintah Sulawesi Utara maupun pemerintah pusat.

Lebih lanjut, Pj. Asripan Nani menyampaikan berbagai capaian dan prestasi yang diraih selama 17 Tahun.

“Saya atas nama pribadi dan atas nama jajaran pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya disertai ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Gubernur Sulawesi Utara, Bapak. Prof. Dr. (H.C) Olly Dondokambey, S.E., Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak. Drs. Steven. O. E. Kandouw, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Forkopimda Sulawesi Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Forkopimda Kota Kotamobagu, serta teristimewa kepada seluruh elemen masyarakat Kota Kotamobagu, yang terus memberikan dukungan penuh dalam mensukseskan program dan kegiatan pembangunan di daerah tercinta ini,” ungkap Pj. Wali Kota Asripan Nani.

Pada upacara tersebut, Pj. Wali Kota juga membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke – 116 tahun.

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” tutur Pj. Wali Kota Asripan Nani.

Dikatakannya, refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan berkunjung kembali kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita, sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata, tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu, namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

“Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” ungkap Pj. Asripan Nani.

Ditambahkannya, saat ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa, berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu. Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita saat ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban.

Selanjutnya, di titik ini gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong “Indonesia Emas”.
Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita,dimana kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

“Mari kita rayakan kebangkitan Nasional kedua menuju Indonesia Emas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Raski Mokodompit, S.H., Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu. Syarifuddin. J. Mokodongan, S.H., para Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Pj. Bupati Bolaang Mongondow., dr. Jusnan. C. Mokoginta, MARS., Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Fahmil Harris., S.I.P., Kapolres Kotamobagu, AKBP. Dasveri Abdi., S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., Para Asisten, Para Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu, Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, S.E., para pimpinan Organisasi Wanita, para pimpinan Organisasi Pemuda, Mantan Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan, Mantan Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs. Hi. Jainuddin Damopolii., para pimpinan Instansi Vertikal, para pejabat Sipil, TNI dan Polri dilingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota se – Provinsi Sulawesi Utara, para Pimpinan Perbankan, para pimpinan Perguruan Tinggi, para pimpinan BUMN dan BUMD, Camat, Lurah dan Sangadi beserta para perangkat, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

(Alfrieda Serang)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.