Rilis Tahun Depan, Pemkot Siapkan Perpustakaan Berbasis Digital untuk Tarik Minat Pembaca

0
35

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Gedung Perpustakaan Kota Kotamobagu yang terletak di Eks Gedung Bobakidan ditargetkan akan mulai beroperasi pada awal 2023 mendatang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Ham Rumoroy mengatakan, saat ini progres pembangunan perpustakaan tersebut sudah mencapai 85 persen.

“Sesuai kontrak yang ada, akan selesai pada bulan Desember ini dan akan beroperasi pada awal tahun 2023 mendatang,” ujar Rumoroy saat ditemui Detotabuan.com diruang kerjanya Rabu (24/11/2022) Kemarin.

Kadis Karpus Pemkot Kotamobagu Ham Rumoroy

Ham menjelaskan, bahwa perpustakaan ini di bangun untuk pusat kegiatan masyarakat, apalagi dengan konstruksi 3 lantai, gedung ini mampu menampung hingga 300 pengunjung.

“Nantinya gedung ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan seni, pameran, rapat, musda, keagamaan, kegiatan organisasi dan kegiatan-kegiatan lainnya ,” jelasnya

Untuk menunjang operasional, Diskarpus juga telah mengusulkan penganggaran pada tahun 2023 termasuk didalamnya untuk realisasi perpustakaan berbasis digital.

“Di tahun 2023 kami telah mengusulkan penganggaran fasilitas perangkat elektronik seperti komputer dan pernagnkat lainnya, untuk menunjang konsep perpustakaan digital yang kita rencanakan,” ungkapnya.

Rumoroy mengungkapkan, perpustakaan ini dibangun bukan hanya sekedar digunakan untuk tempat membaca dan meminjam buku, akan tetapi menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Sehingga itu, dia berharap bahwa dengan adanya gedung ini, dapat lebih meningkatkan minat baca masyarakat.

“Insya Allah dengan adanya gedung ini pengunjung lebih meningkat lagi untuk minat baca masyarakat, apalagi kita akan melengkapinya dengan fasilitas-fasilitas yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman,” pungkasnya.

(Ludin)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.