Seleksi Calon Paskibraka Kotamobagu Masuk Tahap III

0
93
Suasana Seleksi Calon Paskibraka Kotamobagu, yang dilaksanakan di aula kantor Kominfo Kotamobagu, Rabu (12/04/2023). (Foto: Ludin/Detotabuan.com)

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM– Tahap seleksi  Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) masuk tahap III terkait tentang pancasila, wawasan kebangsaan, dan TIU, yang dilaksanakan di aula kantor Kominfo Kotamobagu, Rabu (12/04/2023). 

Menurut Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kotamobagu Sunarti Paputungan, bahwa tes ini menggunakan aplikasi Persia yang dimana panitia memberikan soal sebanyak 20 nomor untuk dikerjakan. 

“Panitia pelaksana memberikan soal kepada para calon Paskibraka terkait pancasila dan wawasan kebangsaan sebanyak 20 nomor dan dikerjakan selama 45 menit,”ucapnya

Paputungan menyebutkan bahwa Seleksi kali ini, panitia menetapkan telah passing grade kelulusan untuk mempertimbangkan kuota Calon Paskibraka. 

“Passing grade yang kami tetapkan tadi yakni diatas 55. Di bawah angka tersebut kami nyatakan tidak lulus untuk seleksi tahap selanjutnya,” bebernya.

“Nah dari 144 calon paskibraka yang ikut seleksi tersebut, dinyatakan lulus sebanyak 108 peserta, dari  108 calon paskibraka yang lulus ini nantinya akan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu seleksi intelegensi umum tentu dalam seleksi tersebut tidak lagi menggunakan sistem passing grade akan tetapi sistem perangkingan,” tambahnya

Paputungan menjelaskan bahwa untuk menentukan calon paskibraka lulus atau tidak, tergantung seleksi intelegensi umum,PBB, kesamaptaan dan kepribadian. 

“Nantinya yang akan direkrut sebanyak 38 orang. Dan ini tergantung rangking intelegensi umum,PBB,Kesamaptaan dan kepribadian nanti ini yang akan dikompilasi nilainya untuk menilai mulai dari Rangking 1 sampai 38,” terangnya

 (Ludin) 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.