Terkait Audit BPK, Inspektur Daerah: Butuh Proaktif Seluruh OPD Pemkot Kotamobagu

0
42

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sementara melakukan audit di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan didampingi Inspektorat Daerah.

Hal ini disampaikan Inspektur Daerah Kota Kotamobagu Yusrin Mantali, S.Kom, Jumat (16/2/2024).
Ia menjelaskan, saat ini BPK sedang turun lapangan untuk melakukan pemeriksaan atau audit.

“Kami berharap pelaksanaan audit dapat berjalan dengan baik dan aman, untuk itu dibutuhkan proaktif dari seluruh OPD Pemkot Kotamobagu,” ujarnya.

Yusrin menjelaskan hal- hal yang akan diaudit yakni pengadaan- pengadaan, bantuan sosial, bantuan pangan, pekerjaan kontruksi dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Dari pihak Inspektorat turut mendampingi BPK dan menfasilitasi mulai dari pengumpulan dokumen, termasuk komunikasi dua arah antara pihak kami dan OPD agar pelaksanaan dapat efektif dan efisien,” ungkapnya.

Untuk jadwal pemeriksaan ada tiga tahapan yakni audit intern mulai 31 Januari hingga 29 Februari 2024, an audit yang pelaksanaan pelaporan keuangan mulai tanggal 5 hingga 28 Maret 2024 dan audit terinci dari Maret hingga April 2024 sekaligus hasil pemeriksaan diperkirakan pada Mei 2024.

“Sebelum laporan hasil pemeriksaan tentunya akan di cek kembali oleh Inspektorat Kotamobagu dan itu kami laksanakan paralel sekaligus penyusunan laporan keuangan oleh BPKD yang akan di cek kembali oleh Inspektorat, selanjutnya diserahkan ke BPK untuk dinilai,” terangnya. (Ida)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.