Ternak Sapi Menjadi Perhatian DP4K KP

0
509
Ternak Sapi Menjadi Perhatian DP4K KP
KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Potensi ekonomi  ternak sapi yang potensial, utamanya saat perayaan Idul Adha, menjadi perhatian DP4K KP (Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, Perkebunan Kehutanan dam Ketahanan Pangan) Kota Kotamobagu.
DP4K KP siap membantu peternak di Kotamobagu, untuk mengembangbiakkan  ternak sapi yang ada di wilayah tersebut.
“Kami siap membantu masyarakat untuk mengembangbiakkan ternak Sapi, agar di tahun-tahun mendatang pasar hewan kurban tidak lagi dikuasai pedagang dari luar daerah,” ujar Kepala Dinas, Hardi Mokodompit kepada detotabuan.com, Senin (12/09) di  pelataran Masjid Raya Baitul Makmur.
Saat ini, menurut Hardi, pihaknya telah menyediakan layanan inseminasi (kawin suntik) pada ternak sapi. Dan banyak peternak sapi di Kotamobagu yang menggunakan layanan tersebut.
“Angka keberhasilan inseminasi di Kotamobagu sendiri sangat tinggi,” ungkap Hardi.
Bantuan untuk menernakkan Sapi sendiri kepada kelompok peternak yang dibentuk terdiri dari 5 orang, jelas Hardi, sudah dilakukan oleh pihaknya sejak beberapa waktu terakhir.
“Tahun 2015 total 25 ekot sapi betina kami serahkan kepada 5 kelompok peternak, sementara untuk tahuin ini ada 4 kelompok yang menerima, dengan total bantuan 20 ekor sapi. Dengan perjanjian sapi-sapi tersebut sebagai indukan, dan tidak boleh dijual,” demikian Hardi. (udi)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.