Tahun ke Dua Kepemimpinan Yasti-Yanny, Banyak Penghargaan Diterima Sebagai Tanda Keberhasilan Bolmong

0
27

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Kepemimpinan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk layak dibanggakan oleh masyarakat.

Betapa tidak, berbagai upaya untuk perubahan dan kemajuan Kabupaten Bolmong terus dilakukan. Dari berbagai bidang langkah dan terobosan telah dilakukan untuk mencapai berbagai keberhasilan.

Didukung pula oleh Sekretaris Daerah (Sekda)  Tahlis Gallang,  dengan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terus didorong untuk berkreasi dan berinovasi dan menciptakan program kerja yang berkualitas mewujudkan pelayanan yang maksimal serta mengutamakan kepentingan masyarakat.

Dengan kekompakkan yang telah terjalin di lingkup Pemkab Bolmong, berbagai prestasi diterima. Buktinya, dalam kurun waktu setahun Bupati dan Wabup serta jajaran Pemkab Bolmong berhasil memboyong sejumlah penghargaan.

Belum lama ini, Bupati menerima penghargaan pengelolaan Dana Desa (Dandes) tahun 2019 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). Penghargaan itu diserahkan Oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersamaan dengan penyerahan DIPA bersama kepala daerah lainnya di Sulut.

Selain itu Pemkab Bolmong juga, berhasil menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumulo karena telah berhasil mengintegrasikan pengerjaan dan pengang garan berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis oleh Mendagri didampingi oleh Ketua KPK Agus Rahardjo dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Hudori dalam acara Sosialisasi  Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD. Acara digelar di Ballroom Hotel Grand Paragon, Jakarta, Selasa 15 November 2019.

Pengahargaan lainnya bupati menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional, pada acara Indonesia’s Attractiveness Award 2019, yang diselenggarakan di Pullman Hotel Jakarta pada Agustus 2019.

Tak hanya itu, upaya pemerintah daerah untuk membuka ruang bagi investor terus dilakukan. Terbukti mampu mendatangkan investasi triliun rupiah. Bahkan dalam kerjasama itu, Bupati menyaksikan penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) antara  PT Kawasan Industri Mongondow (KIM) dan Dongjin Technology di Konferensi Tingkat Menteri Archipelagic Island State (AIS) Forum, Startup and Business Sumit 2019  di kawasan Mega Mas Manado.

Tak hanya itu, Kabupaten Bolmong juga meraih penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) tingkat Padapa. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri pada Selasa 19 November 2019 di Jakarta Pusat.

Kadis Kesehatan Bolmong dr Sahara Albugis mewakili Bupati Bolmong menerima penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) tingkat Padapa.

Selain itu Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, dari pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek, serta Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI, yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan Jumat 5 Agustur 2019.

Bupati juga menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, dari pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Selain menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, Bupati juga menerima Tanda Penghargaan Lencana Karya Bhakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang diserahkan Presiden Joko Widodo pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, DKI Jakarta.

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengungkapkan keberhasilan ini berkat kerjasama semua pihak. “Alhamdulillah penghargaan yang diterima Pemkab Bolmong selama ini,  atas dukungan dan kerja keras dari semua lapisan masyarakat Bolmong,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, keberhasilan yang diraih Pemkab Bolmong sebagai bentuk komitmen Pemkab Bolmong yang terus berbenah dan bersaing dengan Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulut, karena ini merupakan tolak ukur dalam sistem pengawasan kinerja aparat pemerintah.

“Ini semua merupakan bukti keseriusan kita bersama dalam melakukan kegiatan baik dalam bidang pengelolaan keuangan, program kependudukan, serta program lainnya. Kita berharap juga untuk ke depannya bisa mempertahankannya, bahkan lebih ditingkatkan lagi,” harap Bupati.

Juga Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyaksikan penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) antara PT Kawasan Industri Mongondow (KIM) dan Dongjin Technology di Konferensi Tingkat Menteri Archipelagic Island State (AIS) Forum, Startup and Business Sumit 2019 di kawasan Mega Mas Manado.

Bupati juga saat ini tengah fokus dalam proses penyelesaian Bandara Loloda’ Mokoagow, dan sejumlah program untuk kemajuan Kabupaten Bolmong. Dari sekian penghargaan yang telah diraih oleh Pemkab Bolmong diharapkan mampu mengangkat nama daerah serta menjadi penyemangat bagi seluruh perangkat daerah dalam bekerja mewujudkan pelayanan maksimal untuk daerah dan masyarakat. Selain itu diharapkan penghargaan tersebut dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan untuk di masa yang akan datang. (Ind/Adve)