261 Siswa Diktukba Polri Gelombang II Resmi Dilantik, Ini Pesan Kapolda Sulut

0
47

SULUT,DETOTABUAN.COM – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melantik secara resmi 261 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II T.A. 2022 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, menjadi anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Pelantikan berlangsung dalam rangkaian upacara penutupan Diktukba Polri Gelombang II T.A. 2022, pada Rabu (21/12) pagi, di lapangan Tribrata SPN Polda Sulut. Ditandai dengan pernyataan penutupan pendidikan, penanggalan pangkat siswa dan pemasangan pangkat efektif secara simbolis oleh Kapolda Sulut kepada perwakilan, dilanjutkan pengambilan sumpah janji anggota Polri.

Dalam upacara penutupan Diktukba sekaligus pelantikan para bintara remaja tersebut, Kapolda Sulut membacakan amanat tertulis Kalemdiklat Polri.

Sementara itu Kapolda Sulut usai kegiatan, mengatakan, upacara penutupan dan pelantikan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh SPN yang ada di Polda-polda se-Indonesia.

“Dan khususnya di Polda Sulut, melaksanakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 261 siswa yang sekarang sudah menjadi bintara remaja dengan pangkat Bripda, yang sebelumnya mengikuti pendidikan pembentukan selama kurang lebih lima bulan di SPN Polda Sulut,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurutnya, pelantikan bintara remaja tersebut merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa.

“Khususnya kepada mereka (bintara remaja). Setelah melalui tahapan seleksi, kemudian ada pendidikan pembentukan, dan sekarang resmi secara dinas dilantik dengan pangkat Bripda kemudian diambil sumpah janji anggota Polri. Maka selanjutnya mereka siap untuk melaksanakan tugas di seluruh wilayah NKRI,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Informasi diperoleh, dari 261 bintara remaja yang dilantik tersebut, ada yang ditugaskan di Densus 88 dan Baintelkam Polri masing-masing 1 orang, kemudian Polda Kalimantan Timur 15 orang, sedangkan 244 lainnya bertugas di Polda Sulut.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Setyo Budiyanto pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulut.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Sulut mulai dari Pejabat Utama, dan lebih khusus lagi kepada Kepala SPN Polda Sulut, yang sudah mendidik mereka dengan baik selama lima bulan, tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang menonjol, dan dapat melaksanakan kegiatan yang sudah dikurikulumkan dengan tepat waktu,” ucap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dari pendidikan pembentukan tersebut, sambungnya, kemudian menghasilkan para bintara remaja yang diharapkan berkualitas.

“Ada siswa yang mendapat predikat sebagai siswa cendikia, siswa trengginas, dan siswa tertabah. Kemudian harapannya setelah mereka berdinas di Polda Sulut maupun di kesatuan yang lain, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama dalam memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada seluruh masyarakat, sebagaimana amanat Kalemdiklat Polri,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Usai upacara penutupan dan pelantikan, dilanjutkan dengan beberapa kegiatan hiburan. Berturut-turut yakni, Tari Kabasaran, Masamper, dan Tari Kecak yang dipersembahkan oleh para bintara remaja. Kemudian yel-yel dan diakhiri dengan tradisi sujud syukur serta pertemuan para bintara remaja dengan orang tua maupun keluarga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, juga Ketua, Wakil Ketua dan Pengurus Bhayangkari Sulut.

(Humas Polda Sulut)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.