Angka Pengangguran di Kotamobagu Menurun

0
368
Dinsosnakertrans Prioritaskan Kegiatan Kegiatan Yang Belum Tuntas
Kepala Dinsosnakertrans Kotamobagu, Haris Podomi

KOTAMOBAGU, DETOTABUAN.COM – Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk menurunkan angka pengangguran, lewat sejumlah pelatihan mulai menampakkan hasil. Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Haris Podomi saat diwawancarai detotabuan.com, Selasa (12/04) di ruang kerjanya,

:Tahun sebelumnya, pengangguran di Kotamobagu tercatat dikisaran 9000an orang. Dan menurut data pengangguran terbaru yang ada pada kami sekarang, masih tersisa 4600 orang,” ujar Haris.

Lanjut menurut Haris, berbagai pelatihan terus dilakukan pihaknya hingga saat ini, untuk memberdayakan warga yang tidak memiliki pekerjaan.

“Agar supaya mereka memiliki bekal keahlian, sehingga bisa diterima bekerja atau membuka lapangan kerja sendiri,” tambah Haris.

Dijelaskan Haris, sejumlah pelatihan yang digelar pihaknya antara lain pelatihan di bidang Perhotelan, menjahit, pengoperasian komputer, alat musik elektronik hingga latihan pijat.

“Ini merupakan program kerja sebagaimana tersusun dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA). Kami menargetkan terus menekan angka pengangguran di Kotamobagu dengan pelatihan ini,” tutup Haris. (*)