Belum Aman, Orang yang Telah Divaksin Harus Tetap Memakai Masker

0
67

DETOTABUAN.COM – Vaksin adalah salah satu langkah besar untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Meskipun program vaksinasi telah berjalan, belum ada hasil pasti bahwa vaksin ampuh untuk menghilangkan virus COVID-19.

Penerima vaksin dianjurkan untuk tetap memakai masker walaupun sudah disuntik vaksin. Sebab, tanpa disadari mereka dapat menularkan virus COVID-19 kepada orang lain yang tidak divaksinasi. Perlu diingat, bahwa orang yang sudah disuntik vaksin belum tentu terbebas dari Covid -19.

“Perlu waktu untuk mendistribusikan vaksin secara luas dan mencapai kekebalan tubuh pada sekelompok orang. Jadi, pemakaian masker dan jaga jarak tetap penting untuk menghentikan penyebaran COVID-19,” ungkap Anne Rimoin, PhD, MPH, Profesor Epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health.

Dikutip dari DetikHealth, beberapa orang tidak bisa mendapatkan vaksinasi, seperti mereka yang memiliki reaksi alergi parah terhadap bahan-bahan vaksin. Wanita hamil atau menyusui juga memilih untuk tidak menerima vaksin sampai ada informasi yang jelas mengenai keamanan vaksin untuk mereka.

Selalu memakai masker dianggap penting karena varian COVID-19 baru sudah teridentifikasi. Varian baru COVID-19 dapat menyebar lebih mudah ke banyak orang jika orang yang sudah disuntik vaksin dapat menularkan virus dan tidak memakai masker.

“Sulit untuk membuat semua orang mengikuti peraturan memakai masker. Orang yang sudah divaksinasi belum tentu kebal dari virus COVID-19. Jika mereka tidak memakai masker, penyebaran COVID-19 dikhawatirkan akan semakin meningkat,” kata Michal Tal, PhD, Ahli Imunologi di Universitas Stanford.

CDC merekomendasikan untuk menghindari kerumunan serta tidak berada di ruangan yang ventilasi udaranya kurang baik. Selalu jaga jarak dan rajinlah mencuci tangan meskipun Anda sudah disuntik vaksin COVID-19 untuk menghindari penyebaran virus Corona.

(Sumber : Detikcom)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.