Kemendes Diminta Perhatikan Kesejahteraan Pendamping Desa

0
45

NASIONAL,DETOTABUAN.COM – Anggota Komisi V DPR RI Hi. Herson Mayulu, SIP meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk memperhatikan kesejahteraan pendamping desa.

Hal ini disampaikan Politisi PDIP itu, dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, yang diselenggarakan secara virtual dan fisik di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/6/2020) kemarin.

Menurutnya, Pendamping desa adalah petugas-petugas yang penuh resiko turun ke desa dengan berbagai keterbatasan. Herson menyayangkan, tidak tersedianya fasilitas alat pelindung diri untuk pendamping desa.

“Gaji pendamping desa tidak sepadan untuk biaya operasional dalam sebulan. Untuk itu, kami kembali menegaskan agar Kemendes memperhatikan kesejahteraan pendamping desa,” ujarnya Legislator asal Sulut itu.

Padahal, jika ingin berupaya mengoptimalkan peran pendamping desa maka juga harus diperhatikan kesejahteraan pendamping desa.

“Mereka ini sudah harus ada jaminan. berapa penghasilan mereka sebulan. Sehingga, betul-betul harapan kita utuk desa itu bisa membangun melalui peran teman-teman ini akan terwujud di masa mendatang. Ini kalau kita sepakat pembangunan itu kita mulai dari desa,” terang mantan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dua periode itu.

Disisi lain, ia juga mengingatkan Kemendes PDTT, untuk memperhatikan ketahanan pangan masyarakat, terutama di dalam program pemulihan ekonomi. Secara khusus, ketahanan pangan yang ada di desa.

Herson menyoroti program yang telah disusun Kemendes seperti penguatan lumbung desa yang belum merata.

Menurut H2M sapaan akrabnya, ia kurang melihat adanya gebrakan pertanian dalam program Kemendes.

Padahal, dalam pemulihan ekonomi ini langkah yang akan diambil nanti salah satunya di Kemendes ini adalah optimalisasi komoditas unggulan desa.

“Saya melihat, ada desa yang prioritas menanam cabai rawit. Serta, ada desa yang mengutamakan menanam pohon pisang dengan buahnya nanti menjadi hasil produksi dari masyarakat sendiri. Ini saya sudah lihat dari berbagai desa. Nah, ini perlu penguatan di tahun 2021,” pungkas Herson.

Diketahui, sejak dilantik 2019 lalu sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024, Hi. Herson Mayulu, SIP sangat getol memperjuangkan aspirasi masyarakat di Dapilnya, termasuk kesejahteraan para pendamping Desa yang ada di Indonesia.

(Sumber : dpr.go.id/Tio)