Ini Dia 5 Kesimpulan Hasil Raker Komisi V DPR RI dan KemenPUPR

0
23

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Anggota DPR RI Komisi V, H.Herson Mayulu, SIP mengikuti Rapat Kerja antara Komisi V dan Kementrian PUPR Republik Indonesia secara Virtual dengan agenda membahas Evaluasi Anggaran Tahun 2020 dan Program Kerja Kementerian PUPR tahun 2021, Kamis (21/01/2021) tadi.

Raker yang dihadiri langsung oleh Menteri DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc itu dimanfaatkan dengan antusias oleh sejumlah anggota Komisi V untuk menyampaikan berbagai pandangan dan tanggapan mereka terkait berbagai isu krusial yang saat ini sedang dihadapi bangsa Indonesia, diantaranya mendorong peran Kementerian PUPR secara maksimal dalam menangani bencana alam yang sedang terjadi dibeberapa daerah.

Adapun kesimpulan Raker Komisi V DPR bersama Menteri PUPR yang di pimpin ketua rapat Lasarus, S.Sos, MSi adalah sebagai berikut :

1. Komisi V DPR mengapresiasi atas capaian realisasi kementerian TA 2020

2. Komisi V DPR sepakat dengan kementerian PUPR dalam melakukan refocusing/penghematan dan realokasi belanja program kegiatan TA 2021 sembari tetap memperhatikan program prioritas nasional dan penambahan alokasi program kegiatan Padat Karya Tunai yang memberi manfaat sebesar besar nya kepada masyarakat dalam massa pandemi saat ini .

3. Komisi V DPR meminta kementerian PUPR agar selama masa transisi pengalihan BPWS ke kementerian PUPR dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan,

4. Terkait dengan bencana alam beruntun di berbagai daerah, Komisi V DPR meminta agar Kementerian PUPR meningkatkan dukungan program/kegiatan tanggap darurat, rekonstruksi dan rehabilitasi terhadap daerah terdampak bencana tersebut sembari menyiapkan langkah strategis mengantisipasi terjadinya longsor di jalan nasional dan jalan tol.

5. Komisi V DPR mendorong kementerian PUPR untuk berkoordinasi dengan lembaga terkait dalam rangka mengembalikan fungsi hutan sebagai daerah konservasi air .

(**/Tio)